dasdas hihi
work from home paling santuy

Mengapa Sebuah Blog Dibanned?

Sebuah blog dibanned oleh Om Gugel mulai Alkatro ketahui dari Maha Guru Master Blogger 'Kang Rahman'; sejak setahun yang lalu jadi penonton disana terus heboh dengan hilangnya Blog tersebut, hal itu terus berlanjut menimpa beberapa blogger yang lain sampai saat ini. Alkatro agak miris melihat kejadian tersebut karena alasan Om Gugel untuk melakukan pemblokiran terhadap sebuah situs juga masih simpang siur. Awal bulan Mei yang lalu, akhirnya Alkatro memutuskan untuk menjadi seorang Blogger (Pemula), karena PTR CIAO pada bulan itu sudah menandakan tanda-tanda kebangkrutan; meskipun bayang-bayang ketatnya aturan dari Om Gugel masih menghantui juga.
Sebenarnya, apa sih hal yang menyebabkan sebuah blog dibanned oleh Om Gugel? Berikut ini Alkatro uraikan beberapa alasan yang dianggap sebagai alasan Om Gugel 'tega' melakukan 'banned' kepada para blogger, kalau anda memiliki waktu luang silahkan dilanjutkan menyimaknya ... :)


Sebab yang pertama, dari kasus Kang Rahman; mungkin Alexa traffic melonjak dengan cepat karena seperti yang tercantum di blog Kang Rahman, Alexa Rankingnya sungguh fantastis atau komentar yang berderet panjang di setiap artikelnya ya?  sehingga mungkin saja Om Gugel khawatir tersaingi, :D
sebab yang lain adalah mungkin dari frekuensi posting; dalam Term Blogger kalau tidak salah posting dibatasi maksimal 20 post perhari.
Sebab kedua adalah blog anda menyimpan banyak poison keywords; apakah itu? Poison keyword adalah kata yang berbau pornografi, hujatan, dan menyinggung area SARA. Masih ada lagi satu keyword; yang membuat Alkatro tercengang yaitu keyword Om 'Gugel'.. maaf alkatro sengaja mengganti huruf 'oo dan le' menjadi 'u dan el' sebagai jurus antisipasi hal tersebut. Mungkin kata 'Gugel' dianggap sebagai hal sakral yang dianggap pamali untuk diungkit-ungkit secara vulgar.
Sebab yang lain adalah blog tersebut terdeteksi sebagai spammer bagi blog yang lain; bagaimana tolok ukur yang digunakan oleh Om Gugel juga tidak jelas.
Ha berikutnya adalah blog anda terdeteksi memuat link spammer dan atau banner ads; yang lagi-lagi dianggap Om Gugel mengandung trojan horse;karena konon Om Gugel tidak begitu suka dengan blog yang banyak terpasang menghiasi wilayah negara blogger. Spammer bisa diakibatkan dari link tertentu yang hinggap pada blog.
Secara politis mungkin Om Gugel agak berlebihan dalam menggunakan kekuasaannya, dengan membuat berbagai alasan untuk menggusur sebuah blog, tapi apalah daya sebagai rakyat jelata; para blogger harus menerima kenyataan tersebut tanpa bisa berbuat banyak
Bagaimana tahapan pada sebuah blog yang akan tergusur dari dunia blogger?
Awalnya Om Gugel akan memata-matai sebuah blog yang dicurigai; biasanya di search google link blog ditandai dengan :-situs berbahaya- , wow maka bersiap-siaplah untuk tergusur.
Langkah antisipasinya :
Langsung lakukan pengecekan pada blog Anda hari itu, ingatlah baik-baik apakah ada pop up iklan dari widget, semacam widgeo yang 'dicurigai' sebagai malware
Setelah itu audit kembali blog anda, apasaja hal baru yang anda tambahkan pada blog, baik dari keyword yang mungkin dilarang atau mungkin ada banner ads yang dianggap menyimpan 'trojan horse'.
Backup seluruh posting, baik widget, link sahabat maupun template blog anda.
Sekiranya tidak ada hal yang aneh, tunggulah beberapa hari lagi semoga saja hal ini dilakukan Om Gugel sebagai bentuk 'perhatian khusus' dari Om Gugel.
Bagaimana Alkatro tahu? Karena hal ini terjadi pada blog Alkatro seminggu yang lalu, saya sempat kelabakan dengan kejadian tersebut, mulai dari memback up semua postingan, mencopot beberapa banner, sampai mengubah link-link sobat blogger dan semua yang terdapat pada blog Alkatro menjadi 'nofollow'.
Apakah berhasil? Alhamdulillaah hal tersebut telah hilang dengan sendirinya. Apakah karena faktor nofollow? dengan mantap Alkatro menjawab: tidak juga; kepada sobat blogger link nofollow pada url sudah saya hilangkan lagi; menurut Alkatro nofollow tidak banyak berpengaruh dalam Alexa maupun Page Rank.
Lalu apa sebabnya?
Dari pengalaman Alkatro; hal itu terjadi mungkin karena Alexa Alkatro berkurang 5 juta hanya dalam waktu 5 hari; boleh percaya boleh juga tidak; soalnya sejak bulan Mei mendaftar di blogger, di akhir Agustus baru inget kalau blog ini belum didaftarkan di Om Gugel, Feeds dan kawan-kawan; yang lebih penting lagi adalah baru pada awal Ramadhan ini saya mulai giat posting dan juga menggunakan beberapa jurus jitu tentang cara meningkatkan Alexa.. blogwalking keliling -apa ini dianggap nyepam juga ya- :)
Hal lain yang mungkin menyebabkan Blog Alkatro di 'curigai' Om Blogger adalah Mini Opera Modif; apa hubungannya dengan blog Alkatro dan Om Gugel?
Hubungannya adalah Mini Opera Modif adalah browser ponsel yang dapat digunakan untuk posting blog melalui ponsel karena tersedia fitur copy paste, jumlah input teks yang lumayan banyak dan yang pasti menghemat Bandwidth. Alkatro menggunakan Browser tersebut seharian karena koneksi internet lagi merangkak berat. Namun disisi lain Opera Mini Modif termasuk dalam kategori MalWare; yaitu Untrusted browser yang oleh Om Gugel dianggap juga sebagai spyware; hal ini bisa dimaklumi karena Mini Opera Modif dibuat oleh orang Rusia, yang merupakan sebuah nama besar di dunia cyber crime.
Jadi, kalau mungkin anda mempunyai hobi yang sama dengan Alkatro, untuk menjaga keamanan blog anda dari tuduhan yang 'aneh-aneh' sebaiknya posting dilakukan melalui email dengan mengubah sedikit pada Setting Mail to Blogger.
Oke semoga bermanfaat.

Berhubung mau Hari Lebaran sudah dekat dan mungkin besok jadwal lumayan padat, kepada seluruh warga Zona Mobile dan warga Blogger; Dari Lubuk hati yang terdalam Alkatro mengucapkan:

" Tiada Debu Tanpa Angin, Segala Khilaf dan Kesalahan Mohon Maaf Lahir dan Batin "
- Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H -

Thanks 4 Your Time
Mengapa Sebuah Blog Dibanned? Reviewed by alkatro on 13:36 Rating: 5

22 comments:

  1. msh bingung sama penggunaan kata gugle di blog. emang knp toh gan?

    Anyway, minal aidin jg gan :D

    ReplyDelete
  2. semua pernyataan tidak disertai data otentik misal pernyataan dari google. ini sebuah fakta atau cuma opini/mitos?

    ReplyDelete
  3. @Numb3r: kata gugel dianggap poison keyword, ini opini dah 3 tahun yang lalu, alasannya: '..searching for the word on Google gives around 3,340,000,000 results':
    http://www.justsearching.co.uk/JustBlog/poison-keywords-in-search-engine-optimisation.html

    kalo yang lokal dari http://tukang-kritik.blogspot.com
    ane ikutin sebagai antisipasi saja, karena ane agak trauma dengan bahasa 'banned':),
    Sama2 mas bos thx.

    @ramuni:betul,sebagian memang sebenarnya masih opini, masalahnya; sebuah blog yang dibanned Om Gugel tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu semacam peringatan atau himbauan; Teman alkatro sesama pemula juga ada yang ngalamin sob, ada yang bisa dibuka lagi, tapi ada juga yang di banned selamanya. Yang otentik pernyataan Google tentang Blogger, a.l: lebih dari 20 post/hari, cyber crime,banner yang mengandung virus trojan,keyword yang berbau hot,SARA dan penghujatan terhadap pemerintahan. thx.

    ReplyDelete
  4. kalau melanggar TOS pasti di banned. kenapa gak coba hosting premium aja?

    ReplyDelete
  5. @webmaster.info: nyari yang gratis dulu sobat.. maklum lagi belajar ngeblog. thx :) btw saya mo komentar di blog webmaster.info kok wp eror terus

    ReplyDelete
  6. satu pengalaman baru buat mas. harap blog mas yang biasa-biasa ini tidak menghadapi kecelakaan dari mbah goggle yang kadang boleh naik minyak.

    ReplyDelete
  7. @Mas: terimakasih sudah melawat dari Sabah dan komentar disini, kakak Mas blognya jaoh lebih bagus daripada blog Alkatro :)

    ReplyDelete
  8. punya ane udah 2 hari bos dibanned

    ReplyDelete
  9. @newbi :
    turut prihatin sobat.. beberapa teman ane pernah juga.. memang kadang2 om google galak juga.. moga saja cepet dibuka lagi blognya.. amin

    ReplyDelete
  10. wah mkasih infonya mas..untuk bahan pelajaran agar nggak dibann om gugel...

    ReplyDelete
  11. wuih...
    infonya mendetail bgt sob
    menambah pengetahuan juga kewaspadaan pada hal2 yg tdak diinginkan

    keren...keren...bermanfaat sekali

    salam kenal ya sob

    ReplyDelete
  12. om alkatro, saya masih sangat baru sekali di dunia blogger jd saya masih sedikit bingung sama kata-kata pop up....
    itu apa sih maksudnya????
    tolong ya.....

    ReplyDelete
  13. @Forumsehat:
    pop up itu: windows yang keluar otomatis tanpa kita klik; contoh sederhana kalo blog kita memasang widgeo.net terus muncul rentetan window setelah blog kita di load (spt gbr kartun push up dan kawan-kawan ..
    yg di banned googel sepertinya lebih krn black hat seo atau juga content yang copy paste semua tanpa di edit sedikitpun dari aslinya .. makasih :)

    ReplyDelete
  14. alhamdullilah bisa membaca postingan sobat yg belum ane baca nihh..buat antipasi mencegah di banned google tips nya bagus juga sobb..thanks
    *mudah2an sih gak di banned sama google* capee dehh

    ReplyDelete
  15. Cerita yang menarik tentang Banned, persaingan mungkin ketat yach sampai mengeluarkan jurus Banned....harus hati hati nich,thank infonya

    ReplyDelete
  16. Klw blog punya Qu seh masih utuh ga' ke banned,
    Tapi account adsensenya yang kebanned,, :'( Sedih bangeeet......

    ReplyDelete
  17. yang empunya yg berkuasa. yg punya uang yg berkuasa.

    ReplyDelete
  18. Kadang om gugel memang ga bersahabat gan...ckckck....

    ReplyDelete
  19. banyak sekali hal yang menyebabkan bloh kena banned,,,mas tolong ajarin saya dong bagaimana awal membuat blog yang kita tunjukan untuk bisnis seperti alkatro ini,,pengen sekali belajar..I_I

    ReplyDelete
  20. saya sering bingng dengan algoritma google yang sebenarnya bang,,kita sudah senaturalmungkintetap saja kena dampak jika update google..
    terimakasih atas informasinya

    ReplyDelete
  21. ^: sama bang :D

    teorinya sih rich content, soc. bookmarking + quality backlink dg variasi natural anchor

    semoga saja dampak anjloknya hanya sementara,
    sapatau bulan depan bisa melesat ke depan. :)

    ReplyDelete
  22. klo sekarang lebih kejam. bukan dibanned lagi tapi dihapus :)

    ReplyDelete

Cek update info tambahan ada di box komentar.
Damai di hati - Damai di bumi. Thanks sudah mampir. :)

All Rights Reserved by Bisnis Online | Blog SEO | Script © 2009 -
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.