dasdas hihi
work from home paling santuy

Tips Memilih Template Blog

Tips dalam memililih template sebuah blog menghadirkan tema posting tentang beberapa pertimbangan yang mungkin perlu anda cermati sebelum memasangn template sebagai pendamping hidup dalam mengarungi bahtera dunia blog teknologi dan bisnis online.
Obrolan ringan kali ini sebagai selingan, setelah beberapa hari yang lalu mengupas kisah romantis script AGC, bukan "auto generate content", bukan alkatro golek cendol, melainkan script auto generate copyright.
Pendapat simple easy menyarankan template blog  yang ideal adalah berwarna latar belakang putih dengan teks hitam, mengurangi widget type javascript dan menghindari animasi atau image berukuran besar pada header dan widget.
Hal ini mengingat bahwa kenyamanan pengunjung  perlu diutamakan apalagi bagi anda para pencari dollar online baik adsense atau paid review. Type "template blogger classic" lebih disarankan oleh para pencari SEO dan HTML5 adalah model template yang good for the better future. Sayangnya masih sedikit sekali seniman template blogger yang berminat membangun model HTML5 template.

Beberapa pertimbangan "tips memilih template" blog versi wong katro adalah
1. Selera.
image tips memilih template blog
Karena rasa tidak bisa bohong, hubungane opo? Pastikan lebih dahulu apakah topik yang akan dibahas dalam blog, tujuan membuat blog dan warna favorit anda. Tidak ada salahnya untuk mengkorelasikan ketiga hal tersebut sebelum menentukan pilihan pada sebuah template. Jika blog anda membahas tentang masalah kecantikan, sebaiknya memilih background warna putih atau warna cerah, jangan menggunakan header template blog kecantikan dengan gambar gerobak bakso atau gambar tabung gas elpiji 3 kg.  Masih ada pertimbangan lain yang perlu anda simak, namun pada dasarnya: cobalah untuk tetap setia pada template pendamping hidup blog.
Mengenai pendamping hidup, saya juga tidak banyak kriteria: cukup cantik luar dalam dan gak neko-neko.. yang jadi masalahnya: kalau yang dipilih: ... ?  apapun yang terjadi; biar dari musim duren sampai musim rambutan, tinggal dijalani saja dengan ketawa ketiwi sepanjang hari. Hush, siang-siang malah curhat! 
kata simbok: hidup itu sudah ada yang mengatur, jadi yo wiis santai wae :)

2. Penempatan Jenis Widget Template dan Ketersediaan.
Jenis template dengan 2 coloum cocok untuk anda yang menginginkan tampilan blog simpel tanpa banyak accessories, layout posting berpasangan dengan widget selayaknya 'Romeo dan Juliet' atau Oneng dan Bajuri.
Model template 3 kolom yaitu template layout satu posting utama dengan dua kolom widget, template 3 kolom lebih memudahkan anda yang menginginkan memasang lebih banyak widget dalam halaman blog. Kombinasi widget dari template 3 kolom, biasanya terdiri satu kolom posting dengan dua widget.
Template 3 kolom dengan posting berada pada  kolom  kedua mungkin terlihat lebih eye catching alias seimbang daripada 1 kolom posting diikuti 2 kolom widget, dengan asumsi bahwa: fokus view berada diantara widget .
Ditinjau dari sisi loading page adalah sebaliknya, template 3 kolom dengan kolom posting di kolom pertama, diikuti dua kolom widget di sebelah kanannya adalah lebih baik daripada kolom posting yang diapit diantara dua widget, asumsinya adalah proses loading page diawali dari header, navigasi diteruskan ke kolom pertama.  Jika kolom pertama berisi widget yang memuat berbagai animasi beserta script adsense, akan berimbas menghambat loading pada isi posting yang terletak pada kolom kedua. Jadi,  jika anda memilih menggunakan template dengan model tiga kolom maka perlu anda pertimbangkan untuk memindahkan widget animasi yang berukuran agak besar ke widget kolom ketiga. Bukankah widget merupakan personil pendukung template, sedangkan fokus utama dari sebuah blog adalah artikel posting?
Seandainya template menyediakan kolom widget di footer blog,  maka merupakan alternatif yang lebih efisien untuk anda menampung widget penunjang seperti blog directory, google friend connect, buku tamu dan sejenisnya. Kalau memiliki banyak koleksi widget, seleksisilah widget mana yang memang benar-benar perlu untuk dipasang.

3. Kecepatan Loading page.
Ketertarikan seseorang dalam memilih template pada umumnya berawal dari header, image full color dengan ukuran jumbo terkesan megah, apalagi ada sentuhan 3D atau efek animasi. Ditambah dengan gemerlap background bertaburan membuat semakin terbuai oleh kecantikannya. Tidak masalah kalau blog anda merupakan blog pribadi, sekalian tambahkan widget google map, video youtube dan widget trailer film. Maka diijamin penampilan blog anda top margotop, namun pernahkah engkau membayangkan akan penderitaan para sahabat yang berkunjung ke blog dengan mengendarai sepeda onthel, kereta tua bersupir sule super lemot bin super slow?  Ingatlah bahwa cantik itu gemuk; dan dari selebaran yang beredar, loading page yang over dosis pada template  adalah salah satu alasan Satpol Blogger menendang blogger ke luar angkasa alias tergusur tanpa dana kerohiman.
Untuk mengukur kecepatan loading page blog, yang dapat menganalisa secara detail mengenai masing-masing bobot javascript, image, CSS beserta estimasi  load timenya, saya merekomendasikan anda menggunakan  fasilitas SEO-Tools  » website speed tester
Untuk penggunaan image sebagai background perlu dipertimbangkan mengenai jenis file yang digunakan, ketajaman warna dan bobot file. Menggunakan model gradasi perulangan mungkin lebih menghemat, beberapa dongeng yang berhubungan dengan tips manajemen optimasi loading page blog selengkapnya dapat anda temukan di posting, » Tips Optimasi pada Loading Page, Peranan Grafis dalam Optimalisasi Blog dan Optimalisasi Grafis Blog Jilid 2

4. SEO Friendly.
Poin SEO Friendly di ujung bawah karena inti dari SEO bagi pemahaman wong katro adalah kontinuitas update artikel posting dan link building. Desain template merupakan faktor pendukung yang boleh dijadikan pertimbangan dalam memilih template. Untuk mencari template menggunakan search engine google, gunakan kata kunci adalah: free blogger templates atau  free seo blogger template
Ciri sederhana template yang SEO friendly salah satunya adalah  judul blog akan selalu hadir mengiringi setiap judul posting. Contohnya dapat anda lihat pada title browser di kiri atas browser Firefox atau Google Chrome anda : Tips Memilih Template Blog | Thanks 4 Your Smile. Contoh lain misalnya Mbah Darmo  mempunyai blog berjudul 'Rahasia Sukses Milyader' dengan judul artikelnya 'Tips mendapatkan Rumah Mewah dari bungkus Pecel Lele' maka dalam title bar browser akan tertulis : Tips Mendapatkan Rumah Mewah dari bungkus Pecel Lele | Rahasia Sukses Milyader'

5. ..
Belum sempat mengingatnya lagi.. Silahkan anda tambahkan sepertinya ada yang masih kurang.



Demikian tips memilih template blog ala blog teknologi dan bisni online, pada kesimpulannya:
Mempercantik blog bukanlah dilarang karena keindahan sebuah blog itu perlu, namun kecepatan akses index page adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan  karena tidak semua pengunjung blog memiliki kualitas koneksi internet yang sama dengan koneksi internet  yang anda miliki.

Dari atas pohon, terdengar Mr. X  berteriak, ' Mbah darmo, mbah darmo, lha terus  tips mendapatkan rumah mewah dari bungkus pecel lele bagaimana?"..
Wue e e e e .. lha yo gampang: sehabis pesan pecel lele, periksa dulu bungkusnya, siapa tahu bungkusnya  ada peta harta karunnya ..xexexe..Thanks 4 Your Time :)

Tips Collection:
Tips Memilih Template Blog Reviewed by alkatro on 17:24 Rating: 5

57 comments:

  1. Tips Memilih Template Blog was published,, lamo tak bersuo.. :D

    ReplyDelete
  2. kalau aku suka yang simpel dan gak macem2...

    ReplyDelete
  3. Wah tips yang maknyuz tenan ki pak haha.... wah aku wes ra sangsi nek kowe seng dolanan template pak wkwkw... lha wong template, loading n widgetnya Alkatro Zone ae apik hhe... bagaikan langit dan bumi sama Templateku seng adoh tenan dari sempurna haha.....

    aku minta ajarin bikin loading cepet donk Pak... serius lho iki....

    Semangat N happy blogging Pak...

    ReplyDelete
  4. sekali bersuo langsung update mantabzzz dagh....

    ReplyDelete
  5. Kalau aku lebih mengutamakan kecepatan loading sob...

    ReplyDelete
  6. aku itu nyari yang point 3 itu cak.
    cepat loading meski pake kompie dan hp jadul dul.
    aku gonta-ganti ya karena pake hp jadulku lemot pol
    bete duechhh...
    belum menemukan.mungkin kebanyakan link cak yo..
    arepe tak hapus link-link tapi wis kadung nempel di blognya kawand-kawand.

    Yo ra enak blas la'an cak yo

    ReplyDelete
  7. mantabs thanx brow tipsnya jadi tau sekarang xixixi...

    ReplyDelete
  8. lama nian tak bersuo , tapi yakinlah jauh di blog tapi dekat di hati (walah kok jadi alay) , mantap mas semakin cepat aja templatenya

    ReplyDelete
  9. Lha iki sing tak goleki Sam ... Sae sanget pitedahipun. SAya sangat setuju, kepuasan pengunjung lebih diutamakan ....

    ReplyDelete
  10. @pak dj: serius to? selama ane masih jomblo, susah diajak serius wkwkwk ..opo wae ya.. mutilasi dan diet js juga image, file png dikonvert ke gif atau jpg, hostingnya digendong dalam blogger wae. kalo ngompress css, ga yakin kadang malah jadi kacau he he ..@cak tomo: setahuku template buatan draft blogger memang agak susah kalau dibuka lewat opera mini cak.

    ReplyDelete
  11. templte bagi saya adalah musuh,,,

    saya harus bertempur melawan kebodahn saya mengedit template... :D

    ReplyDelete
  12. bagaimana dengan blog saya, saya sendiri belum puas dan tentu harus terus diperbaiki, tapi nggak mudah hehehe

    ReplyDelete
  13. Sore Pak aku datang berkunjung hhe.... wah tseh dolanan ki si Bapak hhe.... aku tak nunggu matengnya aja lah.. siapa tau dibagi satu ntar hhe....

    ReplyDelete
  14. paling enak sih pakai tempalate buatan sendiri deh *kalo bisa* namun apa daya tangan tak sampai jadi pake template reff mbah google dehh...

    lebih gampang milih pacar dari pada template yaakk...! pilah pilih gak adsa yg cocokkk...

    ReplyDelete
  15. Saya jatuh cintah banget dengan template blog saya sob.... gak mau ke lain hati....heheheheheheheheh

    ReplyDelete
  16. gw belom gitu ngerti hub templete ama seo tuh

    ReplyDelete
  17. informasi yg bermanfaat, salam knal aza

    ReplyDelete
  18. la iya aku itu loh sudah bolak balik ganti theme pancet ae gak ada yang pas kang

    ReplyDelete
  19. untuk tampilan jangan terlalu banyak make up ... nanti berat pada loading blognya ....

    pilih template yang penting ringan tidak memberatkan bagi pengunjung blog, sehingga pengunjung akan kerasan dan balik lagi ke blog kita

    ReplyDelete
  20. Siank Pak Jiox haha... aku yo wes ngerti tujuan kowe Pak haha.. tapi maaf seribu Sorry wkwkw.. aku ra iso share Software'y masalah'y seng ndue anak2 jasakom N aku yo cuma minjem thok... ra kuat aku beli lisensinya hhe... aku ae ra oleh ng'bajak haha... tapi klo udah ada versi gratis buat nyari Urlnya ntar aku share pak hhe.. tapi klo cuma buat tau Ip/url Blog joomla setau ku wes akeh pak Softwarenya yg gratis nha yg ini yg Blogger platform niki seng aku minjem haha...

    halah.. iso wae aku malah caspleng ng'liat biru2 disini hha.... wes kaya dilaut asin halah... Pak, enek source template html5 ki urlnya: http://freehtml5templates.com/ tapi aku blum cek bener HTMl5 apa ndak.. siapa tau niat dolanan mneh.. hhe..

    Semangat N happy blogging pak,...

    ReplyDelete
  21. hehehehe... bener mas... aku juga setia dengan template yang sekarang. udah hampir setahun lebih!!

    ReplyDelete
  22. saya suka template saya yg sekarang, cuma ukurannya yg sempit. mau memperluas, eh gambar header kepotong.

    ReplyDelete
  23. template yang paling enak yang simpel, sederhana ga terlalu rame n ga pusing kalo dilihat.
    mohon maaf niih baru bersilaturahim lagi, karena buanyaknya pekerjaan yang menyita waktu.
    trims atas ilmunya, sukses selalu n tetap semangat

    ReplyDelete
  24. datang sungkeman sama kanjeng , sendiko dawu gusti , panjenengan aku pake karo blogku, matur nuhun

    ReplyDelete
  25. setuja yang no 5.....he..he...wah sori mas..lama nggak kunjung nih kesini...he..he.....wah..ini juga rencana mo ganti template..je mas...tapi lom nemu yang cocok..thanks ilmunya....

    ReplyDelete
  26. mampir sore bang katro

    ReplyDelete
  27. Ikut berkomentar. Bergabung sekalian berkunjung malam, menyapa kawan...

    Salam hangat kawan.

    ReplyDelete
  28. mlm kk... Tia jg mw rubah template neii... tlg ksh ide dunnn gmn baek na.. coz yar ada penyegaran ajh... Tia tunggu ya kk.. mksh sblm na.. mav klo ngerepotin.....

    NB: ternyata eh ternya....Bukus pecel lele na tu bnr Peta harta karun , tapi Harta na punya mbah Darmo kk xixixixix --- Kaborr ahhhh

    ReplyDelete
  29. untuk masalah template..saya suka bosan hehe
    pokoknya kalo saya bosan langsung template ganti

    ReplyDelete
  30. mas acrom ijin praktek brow wkwkwk

    ReplyDelete
  31. Memilih template blog adalah gampang2 susah, kalo saya lebih jenderung memilih kecepatan loadnya dari pada faktor keindahan

    ReplyDelete
  32. betul sekali semuanya, tapi memang sulit untuk memenuhi kriteria diatas terlebih bagi saya yang agak awam ...., makasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  33. Salah satu Pria Idaman Wanita adalah Pinter dan cerdas berbagi TIPS MEMILIH TEMPLATE BLOG seng rajin mandi...hihihihh... :D

    ReplyDelete
  34. nomor 4 dan 5 tuh sering dilupakan karena pengen tampilan yg indah full widget

    ReplyDelete
  35. postingan nya sederhna tapi berisi.... mantap bgt menambah pengetahuan... salut.

    ReplyDelete
  36. Pagi Pak.. maaf aku telat ki hhe...Walah tersanjung aku di tribute'n sama Pak Munir bareng Menkominfo'y DJ Site lagi haha..... wes ra manjat2 pohon toh pak haha.... emank ponakanmu wes bosen nopo mnta pistol Shotgun haha...

    Pokoknya tetep semangat Pak...Happy blogging...

    ReplyDelete
  37. nambahin nih:

    5. jgn nyontek punya alkatro, soalnya cm atu2nya dimuka Bumi...

    tul gak sob???
    kabuuuuuuurrrrr...

    ReplyDelete
  38. lagi2 ditutup ama pecel lele...
    sini dikirim ke Penghuni60...!

    ReplyDelete
  39. wah,,, mia kalo milih template, lbh melihat point no 2, kecepatan load nya. Kan nyebelin bgt kl loading pagenya lama,, bisa2 ketiduran ntar yg main kesana hahaahah

    ReplyDelete
  40. kayaknya pilih template lebih susah daripada posting kang

    ReplyDelete
  41. Say cari yang sederhana, nemunya yang minima. Ya udah pake ini terus.. Salam hangat;

    ReplyDelete
  42. lebih enak pilih yang SEO FRIENDLY

    ReplyDelete
  43. he'eh saya setuju dengan poin 1 mas, memang semua tergantung selranya dewe² yo mas. kalo saya mungkin berdasarkan warna, model, dan kapasitas templatenya itu sendiri ga neko² mas hehe...
    Sukses Slalu!

    ReplyDelete
  44. karena blog q sendiri g saya bikin buat cari uang, desainnya aq g pakai HTML 5 alias biasa aja

    ReplyDelete
  45. mantaf postingannya bisa nambah wawasn dan masukan cara pilih templat

    ReplyDelete
  46. kalo saya si...template kaya gimana aja ok..ok..aja ...yang penting happy...
    nantinya juga bisa di otak-atik sendiri..he..he..he...

    ReplyDelete
  47. makin ringan makin bagus ya bos.. terutama karena ga sedikit pengakses internet yang koneksinya lemot biar nyaman juga dikunjunginya :)

    ReplyDelete
  48. kalo mau convert template WP jd Blogger gmna?

    ReplyDelete
  49. coba buka ini saja sob, tinggal pilih http://www.wp2b.com/

    ReplyDelete
  50. milih templat susah2 gampang:)

    ReplyDelete
  51. Baru sempat mampir nih!
    Liat-liat dulu....
    Situsnya bagus nih!
    apalagi artikelnya, menarik banget!

    ReplyDelete
  52. Salam kenal mas … saya pendatang baru, Saya menyukai tampilan Blog Mas dengan materi yang dibahas di dalamnya. Saya akan kunjungi beberapa waktu lagi untuk melihat informasi baru dari Mas untuk tambah pengetahuan…Salam sukses

    ReplyDelete
  53. Mantap nih tipsnya... sayang aku kok gak bisa paham. Banyak banget istilah yang aku gak ngerti soalnya... *maludotcom*

    ReplyDelete
  54. Terima Kasiiiiiih.. Amat Sangat Membantu Sekali!!
    Semoga web/blog anda jadi lebih ramai karena berbagi ilmu..
    (Ilmu yang bermanfaat)

    ReplyDelete
  55. nomor 5 apaan ya ? enak dipandang dan navigasi yang mudah kali ya !! soalnya klo enak di pandang dan navigasinya mudah pengunjung juga bakalan betah !!

    ReplyDelete
  56. lagi bingung pilih templat

    ReplyDelete

Cek update info tambahan ada di box komentar.
Damai di hati - Damai di bumi. Thanks sudah mampir. :)

All Rights Reserved by Bisnis Online | Blog SEO | Script © 2009 -
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.