dasdas hihi
work from home paling santuy

Misteri Jamur Dipo Xlangkah Lebih Maju

Misteri Jamur Dipo Xlangkah Lebih Maju, dipilih sebagai judul coretan di akhir tahun yang  sementara tidak akan membahas masalah script, seo atau urusan mencari receh di dunia online.
Misteri ini bukan identik dengan dunia lain atau alam gaib ; jadi tema yang akan dibahas bukanlah mengenai tafsir suluk  jamur dipo sundhul langit maupun lingkup jagad pewayangan mengenai legenda terjadinya Gunung Merapi. Sebentar, apabila saya menyinggung kata 'wayang', jangan berpikir bahwa diriku ini adalah bapak-bapak dari 9 orang anak dan sebelas cucu, karena usia penulis sepertinya juga belum cukup kalau untuk di sidang di depan pak penghulu -gubrak-

Berikut ini sebuah episode dari buku harian penulis yang ingin diriku bagikan kepada dirimu tentang “bagaimana penulis mulai tertarik kembali dengan dunia maya, sehingga membuat bocah ndeso ini   “Xlangkah Lebih Maju” menjadi bocah katro gandrung internet....

Tahukah dirimu tentang sebuah toples kecil yang di dalamnya terdapat lembaran tipis bulat mirip sebuah telur dadar dan mengapung di air yang berwarna keemasan?


misteri jamurdipo

Benda seperti  itu dulunya merupakan pemberian sahabat kecil penulis yang tinggal di daerah hutan Kalimantan. Selain benda itu, memang ada kenang kenangan yang akan diberikan: ada yang berbentuk minyak dan butiran kecil,  berhubung saya'tidak begitu paham' maka  hanya toples itu yang saya pilih.
Apabila ada sahabat yang berasal dari suku dayak, pasti lebih tahu tentang benda-benda tersebut dan untuk  gel tipis yang mengapung di air teh mereka biasa menyebutnya sebagai jamur kenc*ng dewa; yang konon mempunyai berbagai macam khasiat untuk kesehatan dan mengobati beberapa jenis penyakit.


*

Kenangan  akan Xlalu menyisakan kerinduan


Sore hari di belakang rumah sekitar pertengahan tahun 2007, mata saya masih saja terus tertuju pada toples yang telah kosong sejak setahun sebelumnya, dan apa sebabnya?  kemana perginya jamur kenc*ng dewa itu?
Tidak perlu saya jelaskan, karena di akhir bulan Mei 2006 semua orang juga tahu tentang kejadian itu.

Masih terlintas dengan jelas sewaktu secara tidak sengaja saya ceritakan ke mas dito -teman kost-, tentang  kisah si Jamur dewa itu; dari nada ucapannya,sepertinya dia paham tentang jamur yang saya maksud:

".. kalau  dari ciri-ciri jamur teh itu berarti waktu masih SD aku dulu pernah punya dik, kata kakekku yang tinggal di Ungaran (Jawa Tengah) orang  Jawa  biasa menyebutnya  sebagai Jamur Dipo... hanya saja dulu wadahya dari bonggol bambu petung .. "

Aha!.. dari sinilah misteri jamur dipo itu berawal, mengapa? karena mas dito juga tidak bisa memperlihatkan fakta seperti apa wujud jamur diponya, bagaimana saya bisa percaya kalau jamur dipo adalah nama Jawa dari jamur teh yang dari sahabat kecilku? atau barangkali saja dia hanya sekedar menghiburku.. entahlah


Bermodalkan cerita sekilas mas dito tentang bagaimana kakeknya membuat jamur dipo, dan pemahaman fermentasi diriku  yang cukup signifikan ngawurnya ; penulis bangkit dari lamunan untuk mencoba Xlangkah Lebih Maju berharap menghidupkan kembali Jamur kenc*ng dewa menjadi kenyataan.
Berbulan-bulan lamanya diriku  mencoba membuat takaran 'rahasia' agar tercipta gel pada permukaan air teh, mulai dari mengganti wadah dari mangkuk kaca, gelas hingga botol air soda, menambah takaran gula dan juga mengatur suhu ideal ruangan. Apakah experiment  ini berhasil?

Akhirnya, lapisan tipis di permukaan teh lambat laun terbentuk dengan mesranya setelah proses fermentasi selama 15- 20 hari. Ada kebanggaan yang tidak terlukiskan pada waktu itu, namun apa yang terjadi selanjutnya .. selang sehari kemudian: gel itu tenggelam di dasar toples *wafat* .. maka;  riset rahasia tiada tara dari si albert einstein katro ini..  gagal maning, gagal maning   wakakakkak.

*


Mimpi itu tidak XLamanya  Hanya Menjadi Mimpi


Internet di masa itu bukanlah hal yang baru lagi, namun ketidakminatan penulis pada dunia internet sudah tertanam beberapa tahun sebelumnya: 'internet hanya  menguras kantong dan membuang waktu percuma, lebih baik  untuk nyego kucing dan beli gorengan ' ( idealisme masa lalu yang mentok terhalang tembok)
Namun, dari keputusasaan inilah muncul segelintir pemikiran tak terduga, bagaimana kalau mencari di internet saja dan bersamaan pula pemikiran skeptis menyelinap masuk,  mana ada orang di internet yang membahas masalah Jamur teh? hari gene

Berhubung tinggal di kampung maka warnet adalah termasuk jenis makhluk  langka, kalau di kota waktu itu sudah ada tapi tarif per jamnya alamaak...  na'udzubillaah;
Pada suatu hari, hasrat yang terpendam sekian lama itu akhirnya tersalurkan ... kebetulan ada komputer menganggur dan dengan modal Handphone butut seri C*** dan sekeping kartu XL yang dipaksa menjadi modem telah merubah segalanya...

Sambil  melototin satu persatu hasil penelusuran, semakin lama disimak semakin  membuat diriku terbengong bengong menatap layar monitor, karena ternyata di media online sudah banyak yang membahas mengenai khasiat jamur teh dan secara 'tersirat' membuka jalan tentang analisa yang jelas bagaimana 'cara mudah membuat jamur teh kombucha'.. 

Kalau dirimu bertanya: bagaimana rasanya saat pertama kali mengetahui tentang hal itu?

rasanya maknyoos tenan .. bagaikan  dicium  nikita willy kambing di siang bolong.. *mari kita sama-sama bayangkan* =))

wealaa, hagos hagos..
kalau tahu di internet sudah memuat beragam informasi mengenai jamur teh, untuk apa diriku pusing-pusing dan sok sok an bikin eksperimen segala..
ndeso tenan.. inilah ternyata efek negatif dari wong katro yang  pada awal heboh tentang internet sama sekali tidak pernah tertarik.. beberapa menit kemudian tanpa sadar  pulsa yang memang sudah pas-pasan juga ikut lenyap :gubrak:
harap maklum, masalahnya di tahun itu belum ada paket harian XL 5000-an   unlimited seperti sekarang, yang terkenal waktu itu  kalau tidak salah paket bulanan Centrin  dan harganya masih tergolong mahal untuk standar anak ingusan seperti penulis.:

 XL adalah kartu yang pertama kali mengantarkan diriku ke dunia maya dan hal yang paling berkesan adalah  internet telah mengembalikan kenangan di akhir tahun 2000 yang sempat hilang dari genggaman.
Waktu terus berlalu dan berawal dari kenangan itulah penulis mulai tertarik -kembali- dengan script dan gambar menggambar yang jauh-jauh  hari sebelumnya pernah berniat untuk menguburnya dalam-dalam. Hingga akhirnya  di pertengahan 2009 diriku jatuh cinta dengan blogger dan mengukuhkan nama link pada blog wong ndeso ini dengan nama alkatro yang  merupakan plesetan dari nama ilmuwan albert einstein.
Berhubung  karena eksperiment yang selalu gagal   beda nasib dan asal usul ; maka
albert einstein diplesetkan menjadi albert katro yang disingkat menjadi ALKATRO;

Demikianlah coretan akhir tahun tentang  Misteri Jamur Dipo,  yang telah membuat saya “Xlangkah Lebih Maju”, berawal dari sebuah jamur teh sampai menuju ke arah mengais recehan dollar di dunia online sampai sekarang.

Artikel di atas diikutsertakan sekedar berpartisipasi  dalam memeriahkan acara

Promo XL Xlangkah Lebih Maju


Jadi kesimpulannya adalah  mari ngeteh, mari mencari receh  :p


Thanks 4 Your Time.
Misteri Jamur Dipo Xlangkah Lebih Maju Reviewed by alkatro on 10:24 Rating: 5

38 comments:

  1. Alkatro Disclaimer:

    penggunaan id facebook atau id forum yang mencantumkan kata 'alkatro' sebagai nickname dihalalkan untuk siapun juga, jadi apabila dirimu menemukannya itu hanyalah kesamaan nama saja dan di luar tanggung jawab saya dan tidak ada hubungannya dengan penulis, diriku hanya sekali menggunakan nama itu di twitter, domain blogspot dan dot com serta facebook dengan profil mas ipin ac sebagai my brother dan mbah moenas sebagai simbahku :D

    ReplyDelete
  2. Akhirnya bisa ninggalin Komen juga... duh senangnya..... ternyata harus pakai OPERA

    Saya juga pertama kali mengenal XL :)
    Mari Ngeteh ok, Mencari Receh NAH ITU DIA hehehe

    ReplyDelete
  3. jujur baru tau hari ini cerita dari jamur teh nya, maklum saja ane bkn wong jowo,mantab sob cerita selangkah lebih maju nya,,,cerita mu diatas membuat semangat q berkobar bagaikan api asmara,"ciahh ngelantur"
    mari kita ngeteh bersama sambil mencari receh,haha

    ReplyDelete
  4. saya baru tahu tentang misteri jamur dipo ini sob,,,

    ReplyDelete
  5. jadi kesimpulannya :
    nih postingan ikut kontes xl sambil minum teh

    ReplyDelete
  6. semoga menang mas , eh iya namanya dipatenkan dong eh iya entar aku cek dulu yang berteman ama aku di FB apa yang beneran ya

    ReplyDelete
  7. @ica: mungkin itu krn firefoxnya ada yang ngilangin setting javascriptnya non, jadi kotak komeng ilang :D

    @bunggsu: ayo ayo..
    terus, mau dibawa kemana hubungan kita wkwkwkwk..

    @asis: nama internationalnya kombucha, sekilas sama cuman seinget ane tetep beda dengan jamur teh dari temen ane yang dari dayak sana :D

    @bang attan: dan mari ngeteh sambil surfing di bono xixixi
    @smp3 : amiin,
    hak cipta milik yang bikin manusia :he he,

    selain mas ipien ada bang wilyo, pak dj, bang atta, bang iwan,kang moenas, mbak lina, bang iwan, bu dokter lily, buguru dst..
    yupz cuman itu fb yang ane bikin pake awalan nick 'alkatro ****',

    pernah ada temen yang manggil ane pak ustad gara2 pernah nemu fb pengajian alkatro -dikiranya saya yang bikin-, ini sih guud, masalahnya ada temen ngajak main poker gara2 nemu profil ini
    -http://id-id.facebook.com/people/Al-Katro/100002556359053
    apalagi liat potonya , 18++ wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  8. Hayah -_-" GEDUBRAK!!!! ruwet eram pak sejarah hidupmu mengenal yg namanya Internet, ternyata awalnya gara2 mau tau tentang eksperiment jmur dipo toh? hem... berarti sampean dulu sekolah IPA toh??? podo klo gitu, sayangnya aku cuma IPA-IPA-an gak bener2 ngerti IPA haha... :)

    tapi jujur aku baru tau nama Alkatro itu awalnya dari Albert Katro haha.... soal'e sempet aku mikir kenapa gak katro.blogspot.com aja? kok pake al? ternyata, paham aku sekarang hahaa... :)

    moga menang dan tetap Xlangkah lebih maju dari Blogger Serabutan yg lagi ngetik koment ini :)

    OOT: widih ada Hitz toh sekarang disini, klo gak salah pembayarannya paypal kan pak si Hitz? Kabuuuuurrr... :)

    ReplyDelete
  9. keren ya sobat bisa banget bikin promosi, ane aja pusing sekali kalau di beri perintah atau tugas promosi apaaaa gitu. salu sama ente :)

    ReplyDelete
  10. sore cak
    itu kang yang terakhir uenak didengar dan didalami lebih lanjut.
    ngeteh dan receh

    minum teh kemudian dapat receh ya uenak cak
    kalau bisa setiap hari ya mau

    ReplyDelete
  11. XL semoga makin hari semakin diminati cak
    kalau xl bisa memberikan yang terbaik dari yang baik-baik pasti akan semakin ketat persaingan yang ada

    ReplyDelete
  12. kalau urusan goib wal goib aku belum faham benar cak
    Apalagi semedi di bawah angkernya gunung merapi

    ReplyDelete
  13. Sukses untuk acaranya. Namun yang terpenting dari itu adalah pemahaman gue tentang asal usul nama AlKatro. Dan ternyata XL bisa juga menciptakan cah ndeso Albert einstein walaupun katro...nice post and happy blogging

    ReplyDelete
  14. sayang sekali kesukaan saya kopi susu pahit tampa gula ...
    jadi ga bisa ikutan xlangkah lebih maju ...

    ReplyDelete
  15. saya baru tahu tentang jamur dipo itu.
    terima kasih sudah memberitahu

    ReplyDelete
  16. Wah moga menang dalam ikutan kontesnya.... btw q dari dolo ampe sekarang be,um pernah nyoba tu XL... yang katanya XLalu ......, hehehehehe...

    ReplyDelete
  17. Oalah... ternyata gitu toh asal muasal nama ALKATRO ?? intinya sm dengan wong ndeso khan ??? wkwwkwkkkkk..

    ReplyDelete
  18. XLalu memberikan yg terbaik,, saya dari pertama punya hp juga pake XL sob ampe skrg,, heheh,

    ReplyDelete
  19. Permisi mbah, numpang backlink ya mbah,.. mudah2an sama2 menang. Amien http://jungkamushukum.blogspot.com/2011/11/xlangkah-lebih-maju-komitmen-sederhana.html

    ReplyDelete
  20. jalan jalan kemari lagi ah ikut meramaikan suasana

    ReplyDelete
  21. saya suka ngeteh, tapi tidak dengan XL. dulu pernah pake dengan nomor bagus, tapi karena rese saya ganti. dasar XL, bagi-bagi hadiah pake syarat...(Jengkel)

    ReplyDelete
  22. hem... bener masang Hitz rupanya, andai bayarannya sama kaya Google mesti langsung kaya sampean pak, lha wong yg kuliat forex mulu iklannya haha.... :)

    pokoknya, mari kita ngteh *hayah... teh tubruk so**o hahah....

    ReplyDelete
  23. Hehehe.. postingannya SMART!! happy blogging sob

    ReplyDelete
  24. Wis... wis... wis.... enek disclamer segala diatas.... emank ada lagi toh orang lain yg make nama Alkatro??? aduh-aduh baiknya dirimu pak, klo ada yg mau make tetep diijinin.... :)

    Yo wes, berhubung Indonesia VS Malaysia udah mau mulai, jadi aku tak pamit dulu hahaha....

    ReplyDelete
  25. btw ane menyelenggarakan sebuah kontes siapa tau sobat ingin mengikutinya :) bisa di cek :)

    ReplyDelete
  26. waduh, jadi pengen makan jamur...wkwkwkw...
    salam kenal,..

    ReplyDelete
  27. Wehehe buat kontes XL ya mas? :D Mudah2an menang mas :D

    ReplyDelete
  28. Kunjungan balik y gan ^^
    Thx infonya

    http://4share-information.blogspot.com

    Salam blogger Indonesia
    Jangan lupa komentarnya ^^
    Lebih baik saling menyapa sesama blogger Indonesia

    jangan lupa follow jga ^^
    ( bila berkenan )
    Atau subscribe
    Pastinya akan saya foll back / subscribe back

    ReplyDelete
  29. bingung aku
    jadi x = se

    jadi xlangkah ikut koment wae,

    ReplyDelete
  30. pernah denger sebenarnya,tp baru kali ini denger kisah nyatanya tentang jamur dipo

    ReplyDelete
  31. Jdul dan isinya menariiik neh,,,

    kata2nya Xlangkah Lebih Maju,,,


    Moga kita semua tambaaah maju

    ReplyDelete
  32. aku sungguh terharu da ngakak membaca kegagalan fermentasi diatas. aku pikir kemana.hahahahaha

    masalah wayang itu memang gambaran jadul. jadi ketika membaca selera prediksi pembaca memang langsung ke mbah mbah xixixixixix. wis ah

    ReplyDelete
  33. eit balik maning, itu maksutnya aku pikir mau kemana/ wek kek kek. tambah bingung khan.

    oh ya tampilan baju keren dengan warna putih mbah. mantap

    ReplyDelete
  34. kunjungan awal nih salam kenall yahh...

    ReplyDelete
  35. saya baru denger jenis jamur dipo,,
    berawal dari rasa penasaran akan jamur dipo dan mencarinya di internet sekarang sudah bisa XLangkah lebih maju,dengan mendapatkan penghasilan dari dunia online

    ReplyDelete
  36. Jamur Dipo udah bukan misteri lagi sekarang.. Informasi tetang Jamur dipo / Jamur Kombucha memang banyak sekali di Internet, tapi yang paling lengkap dan berbahasa Indonesia cuma ada satu. Cek aja blognya..
    http://indokombucha.wordpress.com

    ReplyDelete

Cek update info tambahan ada di box komentar.
Damai di hati - Damai di bumi. Thanks sudah mampir. :)

All Rights Reserved by Bisnis Online | Blog SEO | Script © 2009 -
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.