dasdas hihi
work from home paling santuy

Peranan Grafis dalam Optimalisasi Blog

Peranan Grafis dalam Optimalisasi Blog

Seberapa jauh Peranan Grafis dalam optimalisasi blog? awalnya alkatro beri judul peranan grafis dalam SEO, karena isi posting kali ini tidak saya uraikan cara optimalisasi SEO pada image, misalnya dengan cara: memberi nama file image anda sesuai judul pada posting atau menyisipkan teks diantara tanda petik pada code script alt="" di image yang anda upload dalam ilustrasi posting (script alt="" biasanya terletak sebelum script text "id="BLOGGER_PHOTO_ID...); cara ini konon dapat memudahkan image posting anda ditaksir oleh Uyut Google dan otomatis membawa keuntungan sendiri untuk blog Anda. Lha ini dah ada caranya? haiyaahh... :).
Selanjutnya, berhubung mood alkatro baru pada mendongeng tentang tipe file grafis pendukung sebuah website atau blog; maka lebih tepat judulnya peranan desain ilustrasi image dalam optimalisasi website atau blog saja. Pepatah Romawi menyebutkan, 'lebih singkat lebih baik' dan berdasarkan demo Akang Ramuni tadi pagi (thanks koreksinya; ane baru sempat edit .. lagi nguber setoran he he..) maka diputuskan untuk memberi judul Peranan Grafis dalam Optimalisasi Blog, sretujuu?
Jika pada posting sebelumnya telah dijelaskan tentang tips optimalisasi seo, maka pada posting kali ini hanya akan membahas tentang peranan image grafis dalam optimalisasi website yang akan dikupas secara tidak tajam, tidak aktual tapi menyegarkan.
Lebih lanjut tentang peranan grafis dalam optimalisasi web atau blog, ada baiknya kita uraikan beberapa tipe image grafis yang biasa kita gunakan dalam menghias keindahan layout blog kita.
Kebetulan alkatro lagi bongkar-bongkar template tapi belum berhasil selesai dengan memuaskan.. masih asal corat-coret warna.. entah sampai kapan.. he he.
Beberapa jenis tipe file image tersebut antara lain :

1. JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group)
Tipe file JPG ini paling sering dipakai dalam pembuatan template web atau blog. Alasannya karena type file JPG menggunakan teknik kompresi lumayan hot sehingga menyebabkan kualitas gambar turun (lossy compression) maka otomatis ukuran byte gambar biasanya mengecil dan hal ini menguntungkan dari segi loading page website atau blog jauh lebih cepat dari tipe image yang lain. Bahkan tipe image file berekstensi BMP (Bitmap Pictures) bisa berkurang seperdelapan kali dari ukuran
file semula jika disimpan ulang menjadi type file JPG/JPEG. Sangat disarankan digunakan pada image blog statis dan menyukai jenis minimalis. Tetapi tidak disarankan type file jpg untuk mengkonversi file dengan background transparent karena warna dasar file akan berubah menjadi putih, selain itu; jika Anda mengkonversikan file-file animasi type gif dengan pola File - Save As maka yang tersimpan hanyalah image layer pertama saja.

2. GIF (Graphics Interchange Format)
Tipe file GIF mempunyai kelebihan efek warna transparan dan biasa digunakan untuk membuat animasi obyek menggunakan standar 256 warna. Gambar animasi file gif merupakan gabungan dari beberapa image statis baik tipe JPG atau BMP yang lazim disebut layer. Cara menggabungkan atau membuat gambar animasi biasanya menggunakan jasa software jenis GIF Animator dengan berbagai kelebihannya masing-masing.
Jenis file GIF ini disukai oleh para seniman website atau blog yang menyukai layout atraktif; meskipun loading page lebih lama sedikit,tetapi blognya akan terlihat lebih hidup .. hiduplah Indonesia Rayaa.. 1.2.3.. ambil suara: Indonesiaa tanah airku.. tanah tumpah darahku..

3. PNG (Portable Network Graphics)
Tipe file PNG merupakan solusi kompresi yang paling bagus karena mencapai 24 bit RGB+alpha. Berbeda dengan JPG yang menggunakan teknik kompresi yang menghilangkan data, file PNG menggunakan kompresi yang tidak menghilangkan data (lossles compression). Kelebihan file PNG adalah adanya warna transparan dan alpha sepertihalnya GIF, namun memiliki kontras warna yang lebih tajam setajam SILET.. he he..
Alkatro biasa menggunakan pada splash logo seperti pada aplikasi guyonan terutama java aplication phone karena jenis GIF terlihat agak pucat pasi kalau dipaksakan ditempel. Nah, kekurangan dari tipe file PNG adalah tidak tenar dan tidak kompatibel pada semua jenis browser application daripada tipe file sebelumnya.
Contoh: file type PNG pada Internet Explorer seringkali disamakan dengan type JPG; sehingga efek transparent biasanya berubah menjadi warna putih. Kekurangan yang lain adalah ukurannya tiga kali lebih besar dari tipe GIF. Jadi, untuk para master blogger yang telah bersedia bertukar banner dengan Alkatro sebelum seminggu yang lalu, Anda boleh mengganti dengan image source Alkatro yang baru pada widget di sebelah kanan ini.Why?
Banner alkatro sebelumnya adalah tipe file PNG dengan ukuran 18kb kemudian saya upload ke http://tinypic.com dan hasil output berubah menjadi file dengan tipe jpg. Setelah seminggu yang lalu, alkatro coba unduh ulang ternyata masih tetap 18kb; itu berarti perubahan type file jpg di http://tinypic.com hanyalah manipulasi type file, bukan konversi tipe file yang sebenarnya. Untuk lebih memahami tentang makna kabul berbulu tessy silahkan anda baca pada tips mengamankan file.
Sedangkan script banner code pada sidebar alkatro merupakan konversi file image tipe PNG sebelumnya (18kb) menjadi tipe file .GIF dengan ukuran 5 kb.

Kesimpulan:
1. tentukan jenis tipe file grafis seefektif mungkin karena Visitor biasanya lebih senang dengan website atau blog yang loading pagenya lebih singkat.
2. Biasakan mengukur kecepatan loading page blog kita menggunakan tools yang
ada di www.google.com/webmaster untuk memantau loading page blog secara berkala.
3. Petunjuk diatas hanya untuk blog baru seperti alkatro zone untuk menghindari kaburnya visitor baru karena kejenuhan loading page yang cukup menyita waktu.
4. Posting Peranan Grafis dalam Optimaslisasi Blog ini dapat menaikkan kualitas alexa rank (bukan karena sudah memasang widget Alexa) he he, karena update posting merupakan cara lain untuk mendongkrak Alexa kan?; Jika alkatro baru memasang widget Alexa di sidebar bebera hari ini, dimaksudkan untuk eksperimen bahwa tanpa memasang alexa widget, Alhamdulillaah ternyata blog alkatro masih dikasihani oleh Tante Alexa. Terimakasih Tante Alexa dan Terima Kasih juga kepada para Master Blogger yang selalu menyempatkan waktu untuk berkunjung di blog alkatro.
Happy Weekend ya :)
Peranan Grafis dalam Optimalisasi Blog Reviewed by alkatro on 07:31 Rating: 5

49 comments:

  1. saya perlu banget mas info seperti ini maklum masih ijo banget

    ReplyDelete
  2. @Mas Munir Ardi: sama Pak Guru, saya juga masih ijo banget, background template saya juga ijo.. pak guru pagi bener dah online.. mbolos ya he he .. thanks

    ReplyDelete
  3. Jadi tahu dengan korelasi gambar dengan SEO. Terima kasih

    ReplyDelete
  4. om alkatro seharusnya judulnya image, desain grafis dan optimalisasi website. kagak nyambung ma SEO. secara google bot yg mengunduh image dan halaman itu berbeda, nah sedangkan yg di webmaster tools itu cuma benchmark doang kagak ngaruh ma SEO/SERP. Kalo image dihubungkan dengan SEO ya hubungannya ama nama file image dan alt.
    -unjukrasa-

    untung bukan roysuryo yg nulis nih blog, kalo roysuryo bisa menggemparkan dunia perwebsite-an yg ke seribu satu kali XD
    *kabur ah sebelum ditimpuk sendal

    ReplyDelete
  5. @muchlisin : makasih sobat :)

    @Ramuni : he he.. brenuul.. lah tadi postingnya belum selesai di edit, keburu dah ane keluarin dari draft..
    om roy sekarang lagi sibuk di parlemen
    jangan kabur dulu.. ini sandalnya ketinggalan.. :D thanks

    ReplyDelete
  6. hihihihi.... setuju tuh sama komennya Ramuni. walau saya nggak begitu ngeh tentang hal ini, tapi sedikit2 saya tahu juga optimisasi image untuk web-blog. bte... nice info mas!!

    ReplyDelete
  7. komplit ulasannya aku suka sob.makasih sharingnya aku sekarang jauh lebih tahu.

    ReplyDelete
  8. aduh...kalo yang begini pasti deh udah jago..pengennn deh

    ReplyDelete
  9. aduh alkatro tadi saya tuh nggak ngebolos kebetulan aja ngajar TIK jadi yah sambil ngajar iseng deh online dan langsung ke blog sahabatku yang satu ini

    ReplyDelete
  10. informasinya keren mangstab sangat berguna kang buat saiia.. terimakasii kang :)

    ReplyDelete
  11. benar sekali mas, untuk optimalisasi SEO slah satunya dengan sentuhan pemasangan link gambar ke URL blog kita. saya juga make sistem ini makanya alexanya sangat cepat kurus dan juga menguntungkan kita di search angine google, karena semua gambar terbaca link ke blog kita. top sharenya nich, makasih yaaa

    ReplyDelete
  12. waaahh gitu ya caranya, bisa jadi referensi saya saya nich. thanx ilmunya ya, semoga menjadi pahala, amin

    ReplyDelete
  13. thanks sobat atas sharingnya, jadi mengerti sekarang

    ReplyDelete
  14. gila !!!! postingan mu mantap bro .....!!!!

    ReplyDelete
  15. Good...good..good...gooooood..bravo...image..hidup template...dll..

    ReplyDelete
  16. wah baru tahu..,sering sering ah mampir ke sini maklum masih mentah ( kaya buah aja), thank's artikelnya dan salam kenal.

    ReplyDelete
  17. @bliyanbayem:
    yak.. ok , sretuju juga . thx :)

    @Mas Munir:
    Oh gitu.. pantesan pagi banget o.l nya terimakasih :)

    @Rumah blogger:
    yap.. mas pasti sudah hafal banget hal ini.. mantap- moga saja alkatro juga bisa ketularan cepet kurus alexanya . terimakasih :)
    @Mas Sabirin :
    Amiin . thx :)

    @Goresan Lia :
    kukuruyuuk... he he .. belum jago sobat.. ;lagi pd level belajar. terimakasih :)

    @MGM, @heru, @Genial,@INDONESIAN VOICES, @Wilyo, @ Herman, @Rahmatpunya:
    sama-sama t3rima kasih juga.. tetap semangat :)

    ReplyDelete
  18. wesss mantabbb broww thanks atas sharingnya!!!!

    ReplyDelete
  19. salam sobat
    trims ilmunya
    tips mengamankan file,,,ini
    hebat ya grafis peranannya dapat menaikan traffic alexa juga.

    ReplyDelete
  20. @moenas : hari minggu masuk kerja juga lebuih mantabz he he .. thanks :)

    @Mba Nura: sama-sama nbak, mas rumah blogger sepertinya dah membuktikan lebih dulu tentang hal ini.. terimakasih :)

    ReplyDelete
  21. Mas, apa tiap format itu ukuran dan mutunya beda ?

    ReplyDelete
  22. Jadi grafis sangat berperan penting dalam SEO ya?? Terima kasih informasinya ya sahabat :D

    ReplyDelete
  23. @Timontius:
    iya betul.. tiap format type gambar beda-beda, karena masing-masing type file memiliki komposisi warna yang berbeda dan PNG merupakan file yang paling gede ukuran bytenya tetapi mempunyaikualitas gambar yang paling mak nyus.. thanks :)

    @Hitler Jr :
    ngaruhnya pada SEO kalo nama file imagenya disesuaikan tema post; dan pada script source alt="" diisi juga; haiyyaah udah tahu nanya.. he he thanks :)

    ReplyDelete
  24. wah. .wah. .wah. .
    makin maknyus aja gan tipsnya :)

    jd tambah penasaran nih :p

    ReplyDelete
  25. Oh gtu ya...mksh nih infonya. brarti utk mempersingkat load page mending pake png aja y Mas??..
    Oh ya, trims atas komentarnya di Kontroversi FFI .sy dan sobat lain telah update komen&mnjadi diskusi yg mnarik.silakan brkunjung.trims

    ReplyDelete
  26. Makasih nih atas ilmunya..., jadi ngerti n nambah ilmu lagi. Semoga suksesss n tetap semangat.

    ReplyDelete
  27. wah ilmu baru nih sob, biasanya cm tahu jpeg, png, gif dll, skrg tahu artinya apa sih kok namanya beda2 gitu, thanks infonya

    ReplyDelete
  28. Wah kalo masalah beginian kenapa saya masih kurang ngerti ya, kurang ngerti dengan program-program komputer, jadi gak tau gimana tuh.
    tapi makasih banget infonya.
    Cara Membuat Blog

    ReplyDelete
  29. @numb3r: lamo ga nongol mas bos; lagi nguber setoran ya.. b.t.w tambah penasaran apanya ya? ane mah hanya wong ndeso he he .. thx

    @insan:
    kalo kualitas memang PNG Yang paling oke;tapi kalo dari kuantitas tipe jpg memiliki ukuran kb yang paling hemat; kalo loadnya pengin lebih cepat sebaiknya pakai type jpg saja.. terimakasih :)

    @Mas harto: salam suxes selalu.. terimakasih :)

    @Mas Aryo : kebetulan alkatro agak hobi menggambar dan mumpung lagi ada mood.. lumayan buat ngisi artikel blog he he.. terimakasih :)

    @cara membuat blog:
    saya juga sebenarnya kurang mengerti.. hanya ngerti sedikit saja.. soalnya waktu kuliah sering mbolos he he; terimakasih :)

    ReplyDelete
  30. wah.. aku masih sulit mengerti.
    salam kenal ya..

    ReplyDelete
  31. salam sobat,
    pencerahan yang mantap ni, sangat membantu saya yang masih dangkal tentang grafis...

    terima kasih sob, salam sukses
    P.S, maaf ya, saya jarang dapat berkunjung dan kalau online sering tak dapat komentar.
    maklum saya pakai WIFI, ditempat saya semua free WIFI termasuk dikampung-kampung. tapi masa ini selalu 'down'. maklum saja yg 'free'... hehe

    ReplyDelete
  32. selamat malam semua datang berteduh hujan deras banget

    ReplyDelete
  33. @al-basri:
    salam; prinsip alkatro zone:no comment no what what; kunjungan sobat sudah sangat saya hargai ; ane juga jarang komentar; lebih sering hanya blogwalking kalo lagi banyak kerjaan.. keep spirit :)

    @Mas Munir Ardi:
    met malam juga.. ini dah siang he he .. sama.. di rumah semalem hujan deras banget sampai listrik padam sejak sore.. terimakasih :)

    ReplyDelete
  34. biar kata bukan pertamax ikutan komen ah, grafik pada blog bikin blog lebih hidup, penuh warna, eye catching githu... cuman bikin load jadi lambat... :)

    ReplyDelete
  35. bwbwbwwbwbwbwbwbwwbwb
    eh ajarin gif bos

    ReplyDelete
  36. @intermezo:
    hehe.. betul mas; setiap kelebihan pasti ada kekurangan.. penginnya sih yang loading ringan tp eye catching.. ada ngga ya? terimakasih :)

    @ngupingers:
    saya juga lagi belajar .. terimakasih :)

    ReplyDelete
  37. oke artikel yang bermanfaat

    ReplyDelete
  38. @ikutan ngeblog:
    terimakasih ya.. salam kenal :)

    @masdoyok :
    terimakasih kunjungannya mas :)

    ReplyDelete
  39. Info yang bermanfaat, makasih boss :D

    ReplyDelete
  40. @cak win:
    injih Cak.. sami-sami :D

    ReplyDelete
  41. Good posting mr. alkatro. Saya baru mengerti konsep images sekarang, terima kasih ya.

    ReplyDelete
  42. wah blog saya berat tuh omm :p

    ReplyDelete
  43. @Jakarta Spa :
    sama-sama. terimakasih juga kunjungannya. keep spirit :)

    @bhogey :
    iya juga sih.. tapi gapapa juga.. blog sobat lebih ngejreng tampilannya daripada blog alkatro .. terimakasih tetap semangat :)

    ReplyDelete
  44. Makasih mas...

    ReplyDelete
  45. tambahkan keyword pada "alt" image..

    ReplyDelete
  46. apapun bisa optimasi buat mbah SEO..

    ReplyDelete
  47. mnrut q gak terlalu penting deh!

    ReplyDelete

Cek update info tambahan ada di box komentar.
Damai di hati - Damai di bumi. Thanks sudah mampir. :)

All Rights Reserved by Bisnis Online | Blog SEO | Script © 2009 -
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.