dasdas hihi
work from home paling santuy

cara mendaftarkan blog ke search engine

Google, sebuah nama besar dalam dunia online yang masih menjadi acuan mayoritas para netter untuk mencari informasi, mengukur kualitas SEO dan juga ceruk pasar bagi pelaku bisnis online. Cara mendaftarkan blog ke search engine google akan membahas cara mendaftarkan blog joomla, Blogger, Wordpress maupun website cms lain yang baru selesai anda launching dengan beberapa artikel di dalamnya, agar terindex dalam mesin google search engine. Hal ini penting anda lakukan, agar artikel yang anda miliki dapat lebih bermanfaat karena ada ratusan ribu pengguna internet, yang mungkin saja sedang membutuhkan informasi seperti dalam posting blog kesayangan anda.

Dengan mendaftarkan blog ke search engine, maka mbah google akan menggendong dengan lebih mudah menuju ke alamat rumah online anda. Disinilah letak kelebihan dunia online, dengan memiliki sebuah blog atau website kita dapat memberikan informasi tiada henti kepada siapapun di mayapada, sekalipun si pemilik blog tersebut sedang mencari rumput, dolanan mercon atau sedang tidur di atas pohon.
Blog teknologi dan bisnis online hanya akan membahas dua cara yang lazim dijadikan pilihan untuk mendaftarkan blog ke search engine google . Sahabat dan handai taulan yang sudah expert, .. silahkan main kenthongan di dekat peron stasiun alkatro zone saja.. ting tong 'perhatian perhatian, gerbong kereta sudah penuh para penumpang diharap membawa tempat duduk sendiri dari rumah, sorry sorry sorry jek aku mo mudik dulu ' glunthang :D

Cara mendaftarkan blog ke search engine google:
Silahkan anda menuju http://www.google.com/webmasters/
kemudian klik Sign In, silahkan masukkan account gmail anda,
klik tombol Add a site..
Enter the URL:
isikan alamat blog anda kemudian Klik Continue.

gambar cara mendaftarkan blog ke search engine,cara mendaftarkan blog ke search engine google


Anda akan dibawa menuju halaman Verify Ownership, yang merupakan cara search engine google dalam memastikan kebenaran kepemilikan atas blog, dengan mengharuskan anda memasang kode (meta tag) unik yang berbeda pada setiap alamat blog. Cara menambahkan dan verifikasi blog ke google search engine adalah

1. Alternatif  Pertama
Menyalin sebaris script meta tag ke dalam template blog atau website anda.
Klik Option: Add a meta tag to your site's home page
Perhatikan kode di baris Instructions, formatnya lebih kurang seperti ini:

<meta content="yourcode-xxxxxxxxx" name="google-site-verification" />

Kalau sudah ketemu salin kode meta tag yang ada pada halaman: Verify Ownership tersebut

Lanjuut,  Open new tab browser, ingat: halaman Verify Ownership jangan ditutup oce?
Cara menambahkan dan verifikasi blog ke search engine google untuk blogspot:
Login to blogger,
click Tab Design/Rancangan,
Klik Edit HTML.
kemudian tekan F3/search kata: </head>,
setelah ketemu paste kode meta tag verifikasi tersebut di atasnya, sehingga formatnya seperti contoh berikut ini..
<meta content="yourcode-xxxxxxxxx" name="google-site-verification" />
</head>
kalau sudah Save template.
Kemudian kembali buka tab halaman: Verify Ownership dan klik tombol: Verify.
Tunggu 1.12 detik, search engine google akan mengecek ke blog anda.
Verification status: Verified
Selamat anda telah berhasil terhubung ke negara mbah google.
Bagaimana untuk blog CMS Joomla, Wordpress self hosted atau website type CMS lainnya?
Sebenarnya hampir sama dengan cara diatas, yaitu baik dengan login ke admin account anda atau mengedit file index melalui file manager, namun saya lebih memilih alternatif kedua.

2. Alternatif Kedua
Cara mendaftarkan blog ke search engine google yaitu dengan cara: mengupload HTML code ke hosting anda. Pada halaman Verify Ownership, Option yang anda pilih adalah: Upload an HTML file to your server
Cara alternatif kedua ini tidak berlaku untuk hosting blogger.com dan wordpress.com
Kemudian perhatikan pada paragraf Instruction:
Instructions:
a. Download this: HTML verification file. [googlexxxxxxxxx.html] :
:silahkan klik link tersebut untuk mendownload file
b. Upload the file to http://yoursite.com
kemudian buka tab baru browser dan login ke ftp anda. Upload file googlexxxxxxxxx.html ke dalam directory /publc_html
c. Confirm successful upload by visiting http://yoursite.come/googlexxxxxxxxx.html in your browser.
jika sudah berhasil diupload coba paste di browser link diatas yoursite=sesuai dengan nama blog anda, xxxxxxxxx sesuai dengan kode verifikasi yang diberikan search engine google
d. Click verify below.
:anda kembalilah klik tab browser Verify Ownership, kemudian klik tombol : Verify
Tunggu 0,1112 detik, 'search engine google' akan mengecek ke blog anda.
Verification status: Verified
Selamat anda telah berhasil terhubung ke negara mbah google.

Cara mendaftarkan blog ke search engine google alternatif kedua ini, mempunyai beberapa kelebihan:
- terpisah dari index template.
 tidak masalah jika sewaktu-waktu anda mengganti blog dengan template baru, karena status verified blog tetap ada. Jika anda memilih alternatif pertama, ingatlah selalu untuk memasang kembali script meta tag disaat anda mengganti template
- fleksibel
apapun type CMS self-hosted anda, caranya tetep sama yaitu menguploadnya ke dalam folder public_html hal ini lebih praktis dilakukan kalau mungkin kebetulan anda mengelola beberapa blog dengan CMS yang berbeda-beda seperti CMS Wordpress.org, Drupal, Jomla, CMS Mambo, CMS buatan sendiri atau situs model Website Bulider
- safety
alternatif ini lebih aman digunakan terutama bagi anda yang khawatir terjadi kesalahan saat mengedit script pada homepage.
Demikianlah cara mendaftarkan blog ke search engine google sebagai alternatif pilihan verifikasi berdasarkan selera blog teknologi dan bisnis online. Wis lah daripada kepanjangan.. wow hujaan turun lagi, mau dolanan HTML5 dulu. Thanks 4 Your Time


Info dan Tips Collection:

cara mendaftarkan blog ke search engine Reviewed by alkatro on 16:41 Rating: 5

43 comments:

  1. Cara mendaftarkan blog ke google search engine was published

    ReplyDelete
  2. Makasih untuk tipsnya kawand.....

    ReplyDelete
  3. coba dipelajari lagi dengan seksama biar bisa dan pintar kayak Mas Jiox, kalo salah gpp nanti nanya lagi sama masternya, asal jangan bosen aja yaaa....
    trims atas ilmunya yang sangat bermanfaat dan membantu banyak orang, sukses selalu n tetap semangat

    ReplyDelete
  4. >> Pengen tertawa ngakak dulu yah..wakakakkk :p

    Jadi gitu yah mas caranya... jadi nambah ilmu pengetahuan di mayapada..hihihh

    Oya, sebentar lagi LEBARAN___ Baju lebarannya dah berapa pasang mas? :D

    ReplyDelete
  5. Kayaknya ane baru tau yang model beginian brow,cz blog ane setelah pake cara yang ente terapkan ini langsung ke index sama simbah ahaha..siip deh..

    ReplyDelete
  6. dulu saya sekadar buat blog, makanya banyak blog saya tidak verify...hehe

    terima kasih tipsnya, susu kambing jangan lupa diminum..

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah sobat kalau yang ini sudah aku lakukan , lengkap dengan kirim sitemapnya, tapi baru satu blog, aku mau lakukan untuk semua blog aku, terimakasih untuk tutorialnya

    ReplyDelete
  8. Jurus yang kedua lebih sipp tuhhh..! kudu di pellajarin lebih lanjut nihh sob...

    ReplyDelete
  9. balik lupa mo bilang matur nuwun sob....
    daptar gratis khan gak pake bayar yaaak....!!!
    ok lah pamit mau moedik duluu...

    ReplyDelete
  10. Yang pertama udah ane lakuin, yang kedua kayaknya gak bisa karena msh ikut blogger.com.
    Tapi ane heran .... kenapa yak yang komeng pertamax selalu si Boss ... wah curang !!!
    Kabur .... ngikut mudik Bang Ipin ...
    Bang Ipin .... tungguuuu...!!!

    ReplyDelete
  11. Nice inpo..
    Saya udah daftar masbro di mbah google :D
    thanks udah berkunjung ke blog saya :D

    ReplyDelete
  12. Sip!! mantap tutorialnya gan. Mendaftarkan blog ke webmater tools memang bikin index lebih cepet. he..

    ReplyDelete
  13. aku baru praktekkan untuk blog aku tapi di google indonesia apa ada bedanya mas

    ReplyDelete
  14. @mas harto, @mas ipien: kalo bisa jawab , ane jawab mas, kalo ga tahu ane cariin contekannya he he.. @butik bella: sepertinya alkatro bakal dapet paket gratis neh wkwkwk, @kang rock,mas acrom, bli dk, mas munir, cak anggi : segera dipraktekan saja.. haiyah.. ~ini kan posting cerita lama~ he he,@pinrang world: google ind, china sama saja kanjeng guru.. @kang syahida comp: ane juga mo mudik.. tolong tungguin blog ane yo, .. makasih semua :D

    ReplyDelete
  15. halah.. postingan wes melalang buana baru diajari daftar di Google haha.. harusnya terbit paling awal ki Pak wkwkwkwk.....

    >> huahuahaa... aku kan emank ndak ngasih Link ke Demonya.... ngapain diklik wkwkw

    nie kirim E-mail kosong ke djnand.dj@gmail.com ntar aku kirim Script HTML5 nya aku ndak tau E-mailmu sih soalnya hhe..... klo aku kasih downloadnya hasilnya jadi Strict XHTML 1.0 lagi SOalnya Mending aku kirim lewat E-mail aja toh tinggal Copas.. dan satu lagi gak ada menu apa2.. soalnya untuk Template yg ini aku cuma mau bikin SEO aja haha... jadi tambah sendiri klo mau, aku cuma ngasih mentahnya.. warnanya putih Pak haha......

    Wes lah aku pamit kerja dlu hhe.... happy blogging pak wkwkw....

    ReplyDelete
  16. bener nih kawan, mau gak mau kita ttp bagusnya daftarin blog / web ke google, ya biar naikin pengunjung juga plus biar sdikit eksis di dunia maya

    ReplyDelete
  17. Lapor: aku udah daftar mas ji,
    Makasihh,

    ReplyDelete
  18. saya belum melakukan yang ini sungguh! saya coba ya!?

    ReplyDelete
  19. thanks kawand sharenya

    ReplyDelete
  20. xixixi. Ada yang dukung, ada yang baru tau, ada juga yang ngejek tentang ni postingan. xixixi
    Tetap semangat ya bro...!!!
    U can do it...

    ReplyDelete
  21. Sore Pak.... THR template Sudah Jadi.. aku wes posting sekalian wes tak kirim lewat E-mail.... Coba cek E-mailnya Pak...... aku kirim 2 yg satu Scriptnya tapi kayanya kepotong jadi aku kirim versi Docnya juga untuk di Download hhe.....

    Tugasku wes rampung nggeh pak...

    ReplyDelete
  22. kayaknya blog saya juga dah saya daftarkan di 3 SE sob

    ReplyDelete
  23. tutorial yang bermanfaat.. thanks

    ReplyDelete
  24. spesial thanks :
    Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1431H, Taqobalallahu minna wa minkum Shiyamana washiyamakum Taqobalallahu Yaa Kariim, Minal Aidin Wal Faidzin Mohon ....maaf lahir dan batin....

    ReplyDelete
  25. Tutorial yg manteb... disertai penjelasannya,,
    ane suka ini sob.. :-)

    ReplyDelete
  26. datang jagain blog sahabat , mohon lahir bathin ya mas

    ReplyDelete
  27. ke google yang utama sekali

    ReplyDelete
  28. google belum tertandingi oleh search engine lain.
    sampe sampe blog dan website saja mengacu ke dalamnya

    ReplyDelete
  29. Siank Pak... aku datang rutin... Minal aidzin wal faidzin ya Pak..... mafin klo aku banyak salah... Happy blogging n Semangat!!!

    ReplyDelete
  30. attayaya dan anak smp
    datang untuk memohon maaf lahir bathin
    atas segala salah baik sengaja maupun tidak sengaja

    Taqobalallahu minna wa minkum,
    Shiyamana washiyamakum
    Taqobalallahu Yaa Kariim

    ReplyDelete
  31. makasih tutorialnya.
    gak ngerti kalau detail seperti ini.

    mohon maaf lahir dan bathin, selamat berlebaran.

    ReplyDelete
  32. makasih info detailnya.
    selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.

    ReplyDelete
  33. Gie » Bunglon Blog Indonesia mengucapkan
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriah
    Minal Aidin Walfaidzin
    Mohon Maaf Lahir Dan Batin

    ReplyDelete
  34. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H
    Minal Aidzin Walfaizin Mohon Ma'af Lahir dan Batin.

    ReplyDelete
  35. kayanya cocok dicoba neh coz blog saya dah turun kelas hik..hik..

    mohon ma'af lahir batin brow

    ReplyDelete
  36. mantabs brow,langsung praktek ^^

    ReplyDelete
  37. udah dicoba mas..mudah2an berhasil nih..oya jangan lupa singgah yaa

    ReplyDelete
  38. idah dicoba nih..jgn lupa singgah mas ke blog saya hehe..makasih inponya

    ReplyDelete
  39. alkatroxxx gak ada matinya dagh...

    ReplyDelete
  40. mantappp infonya gan....makasih ya

    ReplyDelete

Cek update info tambahan ada di box komentar.
Damai di hati - Damai di bumi. Thanks sudah mampir. :)

All Rights Reserved by Bisnis Online | Blog SEO | Script © 2009 -
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.