dasdas hihi
work from home paling santuy

Makna Sebuah Perjuangan

Hari Pahlawan 10 NovemberBertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November, alkatro mencoba untuk belajar memaknai arti sebuah perjuangan, yang pasti tidak ada hubungannya dengan tips optimalisasi seo ataupun tentang cara mengatasi banned shoutmix. Jadi agar santai sejenak untuk penyegaran hati dan pikiran dengan cara bernostalgia mengenang para pejuang tangguh yang rela mengorbankan harta dan nyawa demi mempertahankan ibu pertiwi.
Beberapa nama manusia tangguh tersebut yang masih alkatro ingat dari Sabang Sampai Merauke antara lain ada Teuku Umar, Cut Nyak Dien, Imam Bonjol, Tuan Tambosay, Pangeran Antasari (tanpa Azhar), Thomas Matulesey, Sultan Nuku, Bung Tomo, Raden Ontowiryo dan masih banyak lagi ; silahkan Anda konfirmasi Pak Guru Munir untuk menjelaskan sejarah tokoh-tokoh tersebut, beliau pasti bisa menerangkan dengan gamblang satu persatu, setuju? boleeh.. :)
Alkatro yang agak hafal hanya biografi Raden Ontowiryo, siapakah beliau? Raden Ontowiryo adalah anak sulung dari Kanjeng Sultan Hamengku Buwono ke-2; seorang yang memilih menjadi ulama dengan tinggal di Tegalrejo - Magelang daripada tinggal di Keraton Jogja untuk menjadi seorang raja; pengabdian beliau sangat besar terhadap rakyat dengan menentang arogansi penjajah Kompeni. Puncak perlawanan terhadap penjajah terjadi ketika VOC mematok tanah perdikan Tegalrejo dan diklaim milik Kompeni. Dari kisah inilah Raden Ontowiryo menetapkan perlawanan terhadap kompeni sebagai Perang Sabil, didukung seluruh rakyat jelata, ribuan laskar santri dan ulama terjadilah perang yang menelan kerugian besar bagi kompeni; perang tersebut berlangsung sekitar tahun 1825 - 1830, dan dikenal dengan istilah Perang Jawa. Nah, ada yang belum tahu siapakah Raden Ontowiryo itu? Meskipun namanya mirip dengan putera dari Bima Sena, beliau bukanlah tokoh pewayangan karena beliau adalah salah satu tokoh Pahlawan Nasional yang biasa dikenal dengan nama Pangeran Diponegoro.
Masih panjang sebenarnya kisah perjuangan Pangeran Diponegoro yang berakhir di Makasar; keburu sudah ngantuk jadi ya langsung kesimpulan saja, antara lain:

1.setiap pejuang mempunyai dua pilihan terhormat yaitu: mendapatkan kemenangan atau kematian di medan pertempuran.

2.membela rakyat dan ibu pertiwi dengan tanpa pamrih disertai ketulusan hati, bukan karena Pak Dhe Anggodo maupun Rani Juliani.

3. mengutamakan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi; rakyat dalam arti rakyat jelata, bukan hanya rakyat menteri, rakyat DPR, rakyat koruptor ataupun rakyat makelar kasus.

Yowis, semoga kita bisa mencontoh dan menjalani apa yang telah dilakukan oleh para pendahulu pejuang-pejuang tangguh Nusantara.
Semoga amal yang tulus beliau-beliau semua mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya.
Amien.

Thank 4 Your Time
Makna Sebuah Perjuangan Reviewed by alkatro on 20:14 Rating: 5

37 comments:

  1. wik...sobat ku ... salut..salut..angkat topi aku sobat...apalagi pada kalimat2 terakhir.."bukan karena pak de dst...aku suka banget itu ...

    ReplyDelete
  2. @Wilyo :he he.. pagi amat komandan.. thx :) merdekaa !!

    ReplyDelete
  3. ternyata Alkatro bisa juga nih santai sejenak, dengan artikel yang penuh motivasi menghormati para pahlawan, menurut saya ya kita jalankan fungsi kita secara benar aja

    ReplyDelete
  4. salam sobat,
    sebagai pencinta sejarah saya sangat bangga dapat membaca artikel ini. Indonesia memang kaya dengan sumber sejarah perjuangan, yang boleh kita artikan demi kemajuan. mereka yang lupa sejarah boleh saja lupa diri... salam hormat buat alkatro.

    setiap kali saya ke Indonesia menu utama memang buku sejarah, setelah itu baru makanan... hehe

    terima kasih sobat, dirgahayu buat semua.

    ReplyDelete
  5. aq ngarit aja kang untuk meneruskan peerjuangan pangeran diponegoro -nyambung gak ya -mikir-

    ReplyDelete
  6. @Mas Munir: Kebetulan ada lukisan P. Diponegoro di kamar alkatro he he.. selain menghormati pahlawan nasional, alkatro juga sangat menghormati para 'pahlawan tanpa tanda jasa' . terimakasih :)

    @al-basri: kl alkatro paham sedikit tentang sejarah, karena menu sebelum makan biasanya tidur.. dan menu sehabis makan.. tidur lagi..he he
    salam hormat juga sobat.. keep spirit ya :)

    ReplyDelete
  7. @ramuni: wue lha ya nyambung banget karena termasuk menjaga kelestarian alam, bukankah sapi menyumbang jasa besar dlm mencerdaskan jutaan anak bangsa. ane jg lg belajar ngarit akang..
    dalam sejarah babad tanah Jawa, Om Damarwulan juga pekerjaannya tukang ngarit sebelum jadi Raja Majapahit.. boleh percaya boleh tidak he he.. thanks

    ReplyDelete
  8. xexexe. . kalo ane meneruskan perjuangan pahlawan lewat kontes SEO aja gan XD XD

    ReplyDelete
  9. salut buat al katro...nasionalismenya berarti masih kental.terima kasih

    ReplyDelete
  10. @Numb3r : yg penting seperti kata Pak Guru Munir, 'kita jalankan fungsi kita secara benar' ; lamo tak bersuo mas bos.. thank kyu :)

    @MGM : lagi belajar dikit2 he he.. terimakasih sobat :)

    ReplyDelete
  11. aduh makasih mas kalau udah ada yang hargai pahlawan tanpa tanda jasa jadi terharu deh

    ReplyDelete
  12. benar mas, kita harus berterima kasih kepada para pahlawan, kalo tdk ada mereka tidak ada kemajuan seperti skrg ini

    ReplyDelete
  13. sangat banyak generasi sekarang yg lupa akan sejarah ini, sengaja lupa atau memang sudah lupa. contohnya, tadi pagi beberapa selebritis ditanya tanggal 10 Nop hari apa?? ternyata banyak yg bengong....payaahh

    ReplyDelete
  14. Terimakasih sudah mampir keblogku ya..oh ya Mas Munir terlalu berlebih menilai blog cinta hakiki..padahal biasa-biasa aja kok ,jadi malu deh...hehe.

    ReplyDelete
  15. @mas munir: karena saya dirawat dan dibesarkan oleh seorang pahlawan tanpa tanda jasa; tapi sayang saya tidak bisa menjadi seperti Mas Munir :)

    @rumah blogger: yap setuju sekali mas.. hari esok ada karena hari ini; hari ini ada karena hari kemarin... terimakasih :)

    @sabirinnet: yang tinggal di 'Gedung Terhormat' jg banyak yang ngga hafal Pancasila ,Mas .. kalo artis maklum lagi saya, yang hafal mungkin tanggal lahir Michael Jackson atau Paris Hilton he he terimakasih :)

    ReplyDelete
  16. @Mbak Ateh : terimakasih juga kunjungannya.. ; saya agak paham dikit dengan dunia sastra Mbak.. dan Mas Munir sepertinya tidak melebihkan sesuatu dalam reviewnya .. (Sapa tau Mas Munir balik lagi; alkatro kan bisa dapet segelas teh celup lagi ..he he.. )

    ReplyDelete
  17. sangat nasionalis juga yaa sobat kita ini (harus begitu ya sobat), yaa 10 nopember adalah hari Pahlawan pasti banyak yang sudah melupakan akan hari Pahlawan tsb, mungkin hanya anak2 kita yang masih pada sekolah karena kita terlalu sibuk akan pekerjaan.
    Terima kasih, semoga suksess n tetap semangat

    ReplyDelete
  18. selamat hari pahlawan indonesia sobat, semoga pejuang pejuang iondonesia yang gugur di medan perang, arwahnya diterima disisi tuhan yang maha esa.

    nice post sobat!!!

    ReplyDelete
  19. komen lagi ach.... cuma mo bilang .. bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan

    ReplyDelete
  20. @Mas Harto: hanya sedikit nasionalis, salam sukes selalu.. terimakasih :)

    @blog buat blogger : amiin.. terimakasih sobat :)

    @Wilyo: sretujuu.. tetap semangat.. :)

    ReplyDelete
  21. selamat hari pahlawan, damai negriku... jayalah selalu... :)

    ReplyDelete
  22. pejuang dalam hidup kita tentunya orang tua kan.., ortu itulah pahlawan tanpa tanda jasa. Ortu adalah pejuang setelah kemerdekaan selain pejuang kemerdekaan tentunya

    ReplyDelete
  23. ayooo jangan mau ditindas sama bangsa luar terus ayoo bangkit MERDEKA,,MERDEKA,,

    ReplyDelete
  24. jerih payahnya para pahlawan sudah di rasakan sama kita semua, semoga arwah mereka diberikan perlindungan oleh yang maha kuasa.amiiin

    ReplyDelete
  25. @intermezo: selamat hari pahlawan juga terimakasih :)

    @Rajafresh: yap setujuu.. betul sekali.. thanks :)

    @moenas : srtuju... ayoo majuu teruss... Merdeka thanks :)

    @MGM : Amiin.. thanks :)

    ReplyDelete
  26. kapan lagi muncul pahlawan yang bisa mensejahterakan indonesia

    ReplyDelete
  27. @Mas Munir: benar juga mas, sepertinya semakin tahun negara ini semakin banyak masalah ekonomi yang berlarut-larut.. mungkin nunggu setelah tahun 2012 kali.. he he.. terimakasih :)

    ReplyDelete
  28. bangsa ini sudah mulai terlena sekarang...
    mulai melupakan apa yang para pendahulu inginkan...

    ReplyDelete
  29. Artikel yang bagus sobat.. Yng namanya Perjuangan memang harus diperjuangkan.. kalo tidak akan jadi berabe... hehehe

    ReplyDelete
  30. @kakve: benar sobat... semoga saja masih banyak generasi muda yang bisa meneruskan cita-cita beliau semua terimakasih :)

    @akhatam: betul banget.. sekalian buat nostalgia masa perjuangan.. he he.. thank you

    ReplyDelete
  31. Hmmm semoga segala perjuangan yang telah diberikan para pejoeang akan selalu bisa dihargai, bukan seperti saat ini telah banyak dinodai para mereka2 yang haus kekuasaan dan uang:)

    ReplyDelete
  32. @Mas Piter :
    Amiien. Begitulah mas; Sepertinya penguasa2 diatas masih memikirkan nasib kantongnya sendiri. terimakasih :)

    ReplyDelete
  33. haha,,itu lo kesimpulan point 3 nya,,,bissaa aja...
    Tapi bagus mas, memang perlu kita yang kaya2 gini. sekadar bernostalgia, namun dapat membangkitkan rasa kebanggaan atas Bangsa. karena kali liat 'pahlawan' kesiangan yg sekarang marak mah, bukannya bangga, malah jadi minder!!wkwkw
    Salu jg utk komennya di artike awwardku.
    Alhamdulillah, ketemu jg orang yg ngaku musyrik!! jarang2 lo mas. Biasanya kan orang lebih seneng mengklain sebagai islam lurus dan dengan begitu maka merke doyang "meluruskan" yang liyan...
    Mantap sob!!!

    ReplyDelete
  34. he he namanya juga seniman, asal nulis, asal ngomong juga.. yang penting terus belajar untuk memperbaiki diri.. muerdekaa.. byuur..
    nuhun akang.. semangat !!

    ReplyDelete
  35. kita teruskan di zaman modern ini..

    ReplyDelete
  36. perjuangan adalah pengorbanan..

    ReplyDelete
  37. Aamiin.. semoga kita bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan dari kejahatan..

    ReplyDelete

Cek update info tambahan ada di box komentar.
Damai di hati - Damai di bumi. Thanks sudah mampir. :)

All Rights Reserved by Bisnis Online | Blog SEO | Script © 2009 -
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.