dasdas hihi
work from home paling santuy

Video Pembuatan Kompor Tenaga Matahari

Kompor Tenaga Matahari atau Solar Cooker adalah kompor yang khusus di desain sebagai alternatif memasak dengan memanfaatkan cahaya matahari bin tenaga surya yang dikumpulkan melalui media reflektor sehingga dapat berfungsi selayaknya api .
Variasi bentuk dari jenis kompor ini ada yang berbentuk parabola, ada pula yang berbentuk kotak seperti box inkubator pada mesin penetas telur. Perangkat untuk membuatnya tergolong mudah, karena dapat menggunakan bahan-bahan sederhana bisa berupa cermin sebagai reflektor cahaya dan atau kardus yang di lapisi alumunium foil; cocok untuk anak kost yang kadang memiliki hobi tinggal di hutan -he he-.
Untuk jenis advanced dan tentunya dengan biaya yang lebih tinggi, ada juga yang menggunakan semacam bahan semi konduktor yang biasa dikenal dengan istilah panel surya.
Menuliskan kata semikonduktor tenaga surya, jadi teringat transistor jenis 2N3055 yang mirip miniatur pesawat UFO ;p.

Kekurangan dari Kompor Tenaga Surya dalam video berikut ini antara lain adalah

gunakan tenaga matahari, sumber energi terbarukan1. Waktu
Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik didih 100 derajat Celcius (misalnya untuk memasak air) relatif lebih lama dibandingkan apabila sahabat menggunakan kompor gas. Waktu optimal untuk mulai memasak tidak bisa pada malam hari.

2. Cuaca
Untuk dapat maksimal dalam penggunaannya, tentunya dibutuhkan cuaca yang cerah karena  penerapan teknologi proses Photovoltaic sederhana berikut ini dibuat tanpa menggunakan panel semikonduktor dan tanpa dilengkapi dengan sistem inverter, atau semacam battery, sehingga jangan pernah mencoba menggunakannya di saat sedang hujan atau hujan hujanan :haiyah:

3. Lokasi
Selain cuaca, diperlukan lokasi yang tanpa terhalang oleh pohon atau gedung, sehingga sinar matahari dapat langsung mentransfer energi jarak jauhnya: tarik napas.. ciat byuur ; lebih bagus kalau rumah atau tempat kost anda beratapkan semen cor; tinggal nangkring saja di atap, dan semoga tidak dimarahin ibu kost :pray:

Sedangkan kelebihan dari Kompor Tenaga Surya jauh lebih banyak daripada kekurangannya, saya sebutkan tiiga hal saja yaitu :
solar cooker box
1. Efisiensi Sumber Energi
Sumber Energi Gas, Minyak dan batubara cepat atau lambat pasti akan musnah dan eksplorasi energi fosil tersebut -diakui atau tidak- adalah salah satu hal upaya merusak kelestarian alam dan kita semua termasuk di dalamnya. Di daerah pedesaan yang sulit untuk mendapatkan bahan bakar jenis fosil tersebut biasanya menggunakan kayu bakar sebagai alternatif untuk memasak, sedangkan biji pohon yang anda tanam tidak mungkin bisa tumbuh dijadikan kayu bakar hanya dalam waktu tiga hari.
Dengan menggunakan kompor tenaga matahari, secara tidak langsung akan mengurangi tingkat perusakan alam yang berefek pada 'global warming'.

2. Efisiensi Ekonomi
Water heater, adalah salah satu alat yang digunakan anak kost untuk menghangatkan air mineral, padahal kalau anda perhatikan dibutuhkan setrum setidaknya 120 watt, belum lagi kalau listrik padam dan jauh dari warung makan.
Untuk sekedar memanaskan air mineral, alat ini juga bisa dan sedikit menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik, mengisi ulang gas, atau membeli air panas; belum lagi kalau dekat warung ada tukang parkir jadi-jadiannya -waw, tekor dot html -
Sayangnya, di Kerajaan Cakil yang melimpah sumber daya alamnya, malah memasyarakatkan kompor gas dengan tabung tiga kiloan ; beberapa saat kemudian; tidak sedikit berita yang menyebutkan  tentang tabung gas tersebut yang bisa tiba-tiba njeblug mirip bom; entah karena kurangnya sosialisasi atau karena proyek bisnis cepat kaya sehingga menghasilkan 'produk asal jadi' ?
Sementara listrik sering padam tiba-tiba, stok minyak tanah menghilang di pasaran dan kalau ada pun : harganya minta ampun.. lha memang kalau ada pemadaman listrik sehabis maghrib, apa mushola harus menggunakan tabung gas untuk penerangan? -mbuh aku ga mudeng-

3. Ergonomis
Bagi sahabat yang hobby liburan outbond a.k.a berekreasi di alam terbuka, terkesan agak merepotkan kalau sahabat harus menenteng tabung gas beserta kompornya; mau buka warung bu? he he
Ada memang tabung gas mini sebesar botol spray beserta kompor mininya di toko perlengkapan outbond, tapi bagaimana untuk anak kost yang memiliki budget terbatas? :bayangkan kalau ini terjadi di saat dompet telah menipis :halah:
Jenis solar cooker dengan menggunakan alumunium foil dapat dengan mudah dilipat dan dimasukan tas; yah sekalian sekali-kali belajar menikmati hidup sebagai tarzan gadungan =))


Berikut ini 'Video Pembuatan Kompor Tenaga Matahari' menggunakan lembaran alumunium foil; untuk pembuatan  jenis solar cooker dengan desain parabola atau box dapat sahabat lihat video yang lain di alamat website di bawah tayangan video youtube. Untuk produk kompor tenaga surya yang tinggal pakai, sahabat dapat memesannya pada link berikut » buy the best solar cooker
Bagi  sahabat yang memiliki gagasan dalam memodifikasinya silahkan dishare; karena saya sangat menghargai orang modern yang masih mau berusaha dengan berbagai cara dalam mememelihara alam semesta; semoga mereka selalu diberi kesehatan dan pencerahan baru dalam mengembangkan idenya, demi menjaga keharmonisan alam dan manusia di masa mendatang.






 jangan gori sambele trasi : pokoke selagi esok masih ada mentari, dont worry be happy.. :glunthang-


Thanks 4 Your Time :)
Video Pembuatan Kompor Tenaga Matahari Reviewed by alkatro on 16:45 Rating: 5

49 comments:

  1. kirain video apaan.. kabuurr

    ReplyDelete
  2. kalau mungkin ane pingin meniru membuatnya.. ane pikir memang sumber energi ini sangat di butuhkan dimasa mendatang.. ane lagi.halah ane terus hahaha.. sueeeeeeer nice info sob.hehe

    kemana aje ga pernah nonggol.. mampir tak wedangi
    oh ya kerajaan cakil...? opo maneh kwi.hehehe apik sob

    ReplyDelete
  3. yah ampiyunnnnnn tak kira video aril peterpan lagi tengkurep lagi wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  4. coba saja orang indonesia yooo hufftt

    brow tuh emben bukan trik sepetar blog atau css atau html neh?.. xixixixix

    ReplyDelete
  5. susahnya kalo malam hari trus tidur di tengah hutan pingin bikin mie dan kopi hangat, mestik nyari Wiro sableng pinjem jurus matahari dan jurus monyet mengunduh rembulan.

    ReplyDelete
  6. he he he jauh amaaaattt postingannya dari yang biasanya....seputar perblogeran........

    trims atas infonya, sukses selalu n TETAP SEMANGAT

    ReplyDelete
  7. hahahaaaa benar2 kompor ya,
    kirain cm perumpamaan,
    :D :D

    ReplyDelete
  8. Lha iki jadi njeblug geh ...
    Kompor Gas Aja deh wkwkwkwk

    ReplyDelete
  9. harganya $239.00 berapa yah itu kalau di rupiahkan, kalau keluarga q masih pakai cara tradional pakai bahan bakar kayu, maklum masih kampung kletuk

    ReplyDelete
  10. @wisata murah : ho oh
    lagi di hutan auo uo uo byurr :wkwkwk:
    @moenas, mas harto : lha kan titel blog alkatro ada awalanya 'teknologi' he he,
    @djangan pakies: kalo malem tinggal tidur mas -di pohon- he he

    @bagollum:
    yang ini benar-benar nyata :haiyah:

    @nurul :
    jujur saja, seumur idup ane belum pernah nyalain kompor gas :ndeso beneran- wkwkwk

    @rizky:
    podo wae , diriku juga wong ndeso..
    -yang mahal itu karena link produk amazon - he he;

    bikin sendiri bisa sob; pake kardus atau box kayu yang dilapisi alumunium foil doang seperti dalam video diatas, ngirit

    -makasih semuanya-

    ReplyDelete
  11. Yang jelas kompor ini lebih aman pemakaiannya dari pada kompore si mbah ijo yang sering meledug sob. nek musim dingin mau buat kopi piye iki sobb..?jadi minum kopi dingin donk hehe

    maaf sob water heaternya itu 120 watt kali sob bukan 120 volt.

    ReplyDelete
  12. aku tak menonton videonya sek mas

    ReplyDelete
  13. Wah ini yah mengapa blognya ada kata blog teknologi nya...
    mantab mas, salute ma blognya, sukses selalu yaaa...

    ReplyDelete
  14. cocok untuk Indonesia, orang sini kan sabaran dan cahaya matahari melimpah. pan apa maning coba?

    ReplyDelete
  15. Cara membuat kompor tenaga suryaJune 04, 2011

    @mas ipin: habis mateng airnya disimpen di termos mas -biar awet anget- wkwkwk

    kalao yang jenis panel surya,inverter dan battery bisa sih dipake malem hari; mirip mini plts; -agak mahal bikinnya-

    hiyah baru nyadar.. langsung ane edit..wuzzz
    maturnuwun koreksinya :)

    @tomo: monggo cak :D
    @cerita dewasa: wah habis bulan madu ya mas xixixi, ada temen kemarin yang butuh referensi, sekalian di posting -mumpung lagi sempet- :D

    @mas avip: yap bener mas, inyong setuju itu -kesetrum logat aslinya- he he

    makasih semuanya ---->

    ReplyDelete
  16. saya pernah liat ada yang masak telor di aspal yang panas.. dan bisa. tapi ga tau apa dimakan atau ga? :D

    ReplyDelete
  17. bisa menghemat bahan bakar dari fosil nih mas bagus untuk energi alternatif yang penting berdoa supaya kalau mau masak jangan turun hujan, thank informasinya

    ReplyDelete
  18. bagus nih buat kita..
    selain menghemat penggunaan bahan bakar dan tentu ramah lingkungan..

    walaupun ada beberapa kekurangan seperti yang anda ulas di post tersebut. :)

    ReplyDelete
  19. Kompr yang bisa menghemat pengeluaran nih...

    ReplyDelete
  20. kompor ini cocok untuk pemanas air untuk mandi, sueger tenannn

    ReplyDelete
  21. kalau water heater dari freon ac sudah pernah ane post sob....wah sudah lihat demonya yahh..,malahan saya blum pernah liat tuhh cuman baca infonya aja sobb hehe.
    memanfaatkan sumber panas outdoor ac untuk membuat air panas tapi buat mandi ya bukan buat kopi soale airnya sudah terkontaminasi sama spiral tembaga.
    http://perawatan-ac.blogspot.com/2010/07/air-conditioner-vs-water-heater.html

    ReplyDelete
  22. Wuiiiih keren nih inovasinya :D
    Kompor tenaga matahari :D

    ReplyDelete
  23. wah hebat banget yaa, kereeeen B)

    ReplyDelete
  24. ternyata ada juga kompor berbahan bakar matahari bro,wow..

    ReplyDelete
  25. biarpun nt lagi jagain hutan ane tetap setia berkunjung brow wkwkwkw

    ReplyDelete
  26. waduh... kompor pake tenaga matahari...
    kalau mendung gimana tuh...he.he..

    ReplyDelete
  27. makin canggih aja tekhnologi...
    nanti nyetrika juga pake tenaga matahari ya kayanya...wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  28. @all:
    sekedar ikut berpartisipasidalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh hari kemarin 5 Juni he he

    makasih semuanya... >> mbreemm

    ReplyDelete
  29. biarpun hutan udah mulai gundul tapi nt setiap jadi penunggunya muantabbbzzz dagh wkwkwkw...

    jaga baik2 brow

    ReplyDelete
  30. Salam

    Wah, postingan untuk memperingati hari lingkungan hidup yach kawan.. Bagus juga tuh klo banyak yang pke ide ini. Nice share..

    Salam kawan

    ReplyDelete
  31. wah teknologi semakin maju aja ya :)

    ReplyDelete
  32. AnonymousJune 06, 2011

    bagus nih..
    ngga ada acara mleduk kan yaa ? ;p

    ReplyDelete
  33. Met malem Pak... haha... :D

    Ngucek-ngucek mata dulu *tanda gak percaya...

    Aku bukan ndak percaya sama kompor Tenaga suryanya loh pak, tapi ndak percaya klo Alkatro Zone bikin postingan beginian wkwkwk... :) Mantabz... pastinya ini gak akan menyebabkan kompor mleduk nggeh pak, tapi perlu diingat ini dapat menyebabkan kebakaran *podo ae wkwkwk...

    Mungkin kekurangannya ya seperti yg sampean tulis, mau masak ya tergantung Cuaca, klo hujan bsa ndak masak2 haha....

    Kabuurrr...

    ReplyDelete
  34. mampir nengok cewek cantiknya aja mas selamat malam

    ReplyDelete
  35. saya masak pake rice cooker aja.... he he he

    ReplyDelete
  36. Maaf telat ya
    Wadouh belajar bisnis disini jehe

    ReplyDelete
  37. Maaph yach sobb saya ga' bisa nonton pidionya coz koneksi kuw lemotdd banget nichh.. :(

    ReplyDelete
  38. nice artikel nih. itung itung menghemat energi yah :)

    ReplyDelete
  39. saam sobat
    wah benar2 efisien dan ekonomis,
    kalau pakai tenaga matahari.
    sip banget.

    ReplyDelete
  40. Artikel yang sangat bagus :)

    ReplyDelete
  41. wah keren bgt.. berguna buat mahasiswa yg lagi akhir bulan.hahaha

    ReplyDelete
  42. videonya bener bener panas.. :D

    ReplyDelete
  43. hemat energi
    selamatkan lingkungan

    ReplyDelete
  44. kirain video ariel lagi masak pake kompor di penjara ... ternyata oh ternyata video yang lebih panas ...

    kalau tidak sekarang kapan lagi mo hemat energi

    ReplyDelete
  45. gabisa liat pideonya -,-"
    save page aja dahh.

    :D

    ReplyDelete
  46. wah apik tenan ning bahanne piye kuwi ra mudeng

    ReplyDelete
  47. hemmh,,yang berasal dari alam pstinya lebih aman ,,tapi kalo cuaca nya tidak mendukung bisa2 gak bisa masak,,dong,,hehehe

    ReplyDelete

Cek update info tambahan ada di box komentar.
Damai di hati - Damai di bumi. Thanks sudah mampir. :)

All Rights Reserved by Bisnis Online | Blog SEO | Script © 2009 -
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.