Limited Time Offers: » ONLY $10/year «
Free Domain + 20GB Hosting with Unlimited Bandwidth

Membuat Recent Post | Legenda Alkatro

Cara Membuat Recent Post Pada Blog
Membuat Recent Blog bukanlah hal yang asing lagi bagi anda para master blogger yang terbiasa memodifikasi blog atau bahkan seorang blog template kreator.
Posting Legenda Recent Post Alkatro pada kesempatan kali ini merupakan request dari sobat Al Basri di kotak komentar pada posting  Tips Optimasi SEO pada Affiliation Widget beberapa hari yang lalu.
Beliau menanyakan tentang bagaimana membuat Recent Post di sidebar sebelah kanan (yang sebenarnya adalah DAFTAR ISI dari blog alkatro zone), sempat terlintas untuk 'melemparkan' cara membuat recent post pada blog kepada master blogger yang biasa ronda di gardu ini dan pastinya jauh lebih expert dari saya, karena untuk urusan Edit Blog XML alkatro masih minim sekali.
Setelah bertadabbur di bawah pohon pisang, akhirnya alkatro zone beranikan untuk posting Legenda Recent Post Alkatro, yang merupakan sejarah panjang terjadinya Gunung Tangkuban Perahu haiyah.. sejarah recent post ala alkatro zone ini, dan siapa tahu juga bermanfaat bagi sobat blogger sesama pemula (termasuk penulis) yang ingin membuat Recent Post Widget pada Blog kesayangannya.

Begini ceritanya : sebatas pengetahuan saya, beberapa template modern yang alkatro zone simpan sudah menyertakan widget tersebut ke dalam XML template blog, hal tersebut juga terjadi pada template blog yang akhirnya alkatro zone pilih dan gunakan sampai hari ini, namun karena terjadi eror alias widget recent postnya tidak keluar judul postingnya (kurang tahu apa sebabnya), maka akhirnya terpaksa alkatro zone menggunakan My Recent Post 'Ndeso Tenan', seperti pada widget side bar blog ini.
Pada Legenda Recent Post Alkatro, akan disajikan tiga type widget Recent Post berbeda yang tentunya saya bebaskan anda untuk memilih salah satu atau ketiga-tiganya juga; boleeehh.

1. Widget Recent Post Ndeso Tenan
Widget Recent Post Ndeso Tenan yang alkatro maksudkan adalah menggunakan fungsi div standar dan memasukkan satu persatu link beserta judul posting setiap terjadi update baru pada blog alkatro zone... benar-benar katro banget to?.
Kalau enggak katro bukan alkatro namanya... Seperti apa contoh scriptnya?
Seperti apa bentuk script Recent Post model Alkatro ini? Bagi para master blogger silahkan diminum dulu Es Jeyuk nya... jangan diketawain ya? daripada diketawain.. mending ketawa dulu saja lah 1 .2..3... xexexexe


<b>My Recent Post :</b>
<div align="left" style="border: 1px solid rgb(238, 210, 238); overflow: auto; font:9px Verdana; width: 200px;height: 201px;">
<a href="http://alkatro.blogspot.com/" target="_blank" title="Tips on this weeks">Tips on This Weeks</a></p>
<a href="http://alkatro.blogspot.com/2010/03/tips-optimasi-seo-pada-affiliation.html" target="_blank" title="Tips optimasi seo">Optimasi SEO pada Affiliation Widget</a></p>
<a href="http://alkatro.blogspot.com/2009/06/musics-radio-streaming.html" target="_blank" title="300 Free Radio Online">Musics Radio Streaming</a><p>
<a href="http://alkatro.blogspot.com/2009/06/sport-latest-video-and-news.html" target="_blank" title="Sport Latest Video and News Update">Sport Latest Video and News</a></p>
<a href="http://alkatro.blogspot.com/2009/06/pulsa-gaul-daftar-gratis.html" title="Bisnis Pengisian Pulsa Gratis">Bisnis Pulsa Gratis</a></p>
<a href="http://alkatro.blogspot.com/2009/06/kartu-debit-payoneer-memang-gratis.html" target="_blank" title="Kartu Debit Payooner Gratis?">Kartu Payoneer Gratis</a>
</p></div>

keterangan:
9px adalah ukuran huruf dari teks ;
200px adalah lebar dari box text widget recent post
201px adalah panjang dari box text widget recent post
: angka-angka tersebut dihalalkan untuk diganti 10px 11px atau berapa, terserah anda
teks berwarna merah adalah alamat link dari blog/ artikel posting
teks berwarna kuning adalah keterangan alias title yang disesuaikan dengan judul posting ; agar lebih SEO Friendly
teks berwarna hijau adalah judul posting pada artikel blog.
: silahkan sesuaikan dengan link dan judul posting artikel milik anda
Sudah paham? kalau sudah tarik nafas dalam-dalam.. nyanyi dulu saja :
merah kuning hijau di langit yang biruu... pelukismu agung siapa gerangan..
pelangi pelangi ciptaan Tuhan.. pinteerrr...



2. Membuat Widget Recent Post menggunakan Java Script

Point pertama loading page memang lebih cepat karena tidak menggunakan javascript, namun kalo tiap posting harus bongkar widget mungkin bisa jadi 39+61.. cappeeee deeh..
Jika anda menginginkan yang lebih praktis, silahkan gunakan javascript berikut yang lumayan ringan karena tidak menyertakan bullet berupa image pada daftar judul posting anda.
Script Widget Recent Post Java Script di bawah ini merupakan sedikit modifikasi  alkatro dari aslinya, yaitu dengan menambahkan div seperti pada point 1, dengan tujuan : tinggi widget statis dan bisa di scroll, sekalipun option jumlah recent post yang ingin anda tampilkan adalah 25 posting.

<div align="left" style="border: 1px solid rgb(238, 210, 238); overflow: auto; font:9px Verdana; width: 200px;height: 212px;">
<script type="text/javascript" src="http://admobtips.googlecode.com/files/recent.js"></script><script type="text/javascript">var numposts = 25;var showpostdate = false;var showpostsummary = false;var numchars = 100;var standardstyling = true;</script><script src="http://ciaaat.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=published&alt=json-in-script&max-results=900&callback=showrecentposts"></script>
</div><scriqt><span style="font-size:80%;"><a href="http://alkatro.blogspot.com/2010/03/cara-membuat-recent-post-pada-blog.html" title="Get Widget to your blog">Get Widget</a></span></scriqt>


Keterangan:
9px = ukuran huruf, 200 px = lebar widget, 212px = panjang widget;
numchars = 100; adalah jumlah karakter yang terlihat di setiap judul ;
numposts = 25 ; adalah jumlah maximal posting yang akan ditampilkan 25 posting) ;
silahkan sesuaikan angka tersebut dengan selera anda

http://ciaaat.blogspot.com silahkan ganti dengan alamat blog anda




Tips on This Weeks
Misteri Alam Shoutmix

Mengukur Kecepatan Koneksi Internet

Mengatasi Banned IP Address

Legenda SEO Link Sakti

Web Strength Checker

Update Google Page Rank

Lemari Award

Dolanan S E R P

Bingkisan Hari Ibu

Tips Mempercepat Browsing

Windows Amnesia ?

Bluetooth Hacked?

Optimalisasi Grafis Blog (2)

Aplikasi Mushaf Al-Quran
Grafis dalam Optimalisasi Blog
Makna Sebuah Perjuangan
Panen Award Bulan November
Mobile Mail Tips
Flash Components Store
Dinamika Dunia Blogging
Kado Cantik Freya Award
Misteri Gmail Account
Cara Menyingkat Alamat Link
Cara Mengatasi Banned Shoutmix
Santai Sejenak Sambil Surfing
Pandeglang Beauty
How about Special Contents?
Dont Judge A Book By Its Cover
Tips Optimalisasi SEO
Simple Tips For Rapidshare
Bandwith Limit Exceeded
Make Money with Your Links
Shorten Your Links with Bit.ly
Satu Juta Back Link Gratis
Make Money with INDOVERTISER
Detroit Auto Show
My Blog Entertainment
How to Increase Alexa Traffic
Tips Browsing Aman
Dilema IP Address Dalam Bisnis
Tektonik  in My First Award
Boost Your Traffics and Get Your Money
Shoutmix VS Visitors
Pilih Joomla atau Blogger
Cara Widthdraw Paypal
Sport Latest Video and News
Bisnis Pulsa Gratis

Catatan:
Cara melakukan penambahan Widget Recent Post di blog anda untuk script type 1 dan 2 adalah :
Silahkan Login ke Your Blogger Account
Pilih Layout / Tata Letak, klik Tambah Gadget kemudian Pilih HTML/JavaScript
Copy script yang anda inginkan, kemudian paste ke box tersebut. Klik Save. Selesai

3. Membuat Widget Recent Post menggunakan Feeds Blog
Widget Recent Post menggunakan Feeds Blog hanya akan menampilkan maximal 5 posting terbaru pada blog anda, dan cara melakukan penambahan Widget Recent Post  menggunakan Feeds Blog ini sama persis seperti pada penambahan feeds untuk aktivasi account dalam tema posting Make Money with Text Link , adalah :
Silahkan Login ke Your Blogger Account
Pilih Layout / Tata Letak, klik Tambah Gadget kemudian Pilih Feed
Copy script yang anda inginkan, kemudian paste ke box tersebut. Save. Selesai

http://ciaaat.blogspot.com/feeds/posts/default

keterangan :
http://ciaaat.blogspot.com silahkan ganti dengan alamat blog anda

Kesimpulan :
Sudah menjadi keniscayaan bahwa setiap kekurangan pasti memiliki kelebihan, demikian juga sebaliknya; karena kesempurnaan hanyalah milik Yang Maha Sempurna, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari ketiga Script Widget Recent Post tersebut, antara lain :

a. tingkat kepraktisan
Anda sudah tahu pasti bagaimana repotnya mengedit widget ndeso di point 1 tersebut, setiap kali ada satu posting baru maka anda harus menambahkan link posting anda secara manual, tapi tenang saja; hal ini tidak akan terjadi jika anda memilih menggunakan widget type javascript atau Feeds Blog.

b. loading page.
script type html pastinya lebih ringan dari pada dua type script  yang lainnya,  jadi script widget ndeso memiliki speed yang terbaik tentunya, betul betul betul?

c. kapasitas muatan
widget ndeso dan recent post  widget type javascript yang saya ambil di tong kenangan alkatro zone bisa menampung semua judul posting yang ada pada blog Anda;
sedangkan widget recent post yang menggunakan feed blogger hanya mampu menampung  maksimal 5 judul posting terbaru saja (kecuali kalau ada yang tahu cara ngeditnya biar bisa banyak)

d. pengaruh pada dengan perubahan setting pada browser;
Maksudnya? Jika visitor anda men-disable option Java Script pada browsernya, maka script widget ndeso type html dan widget type feed tidak akan terpengaruh;
sedangkan untuk widget recent post yang menggunakan type Java script tidak akan terlihat pada blog anda.

e. Sisi SEO Friendly,
script widget ndeso pada syntax linknya bisa diberi tambahan script title, penambahan script title ini konon katanya akan lebih menambah kualitaas SEO pada blog yang kita miliki;
sedangkan widget type feeds blog maupun script recent post type javascript di sini, tidak ada 'syntax title' di dalam scriptnya (sok tauuuuu...: Mode ON)

Silahkan anda pertimbangkan sebelum menggunakannya, dan kalau para master blogger yang hadir di alkatro zone memiliki source javascript yang lebih siip, silahkan disharing karena javascript alkatro zone hanya alakadarnya saja, dan asalnya merupakan hasil hibah dari seorang sahabat yang tinggal nun jauuuuh disana.


Semoga Bermanfaat untuk anda semua, terutama yang sedang susah tertawa (halah ga nyambung) xexexexe .. .Atu uwa tiga.... kabuuurrrrrr,,,,

3 langkah simple mendapatkan $50 per hari tanpa SEO

Sutradalang: alkatro com

alkatro com Artikel tentang Membuat Recent Post | Legenda Alkatro ini diedarkan on Tuesday, March 16, 2010.
Cek update info tambahan di kotak komentar, karena kemungkinan topik tentang belajar SEO atau dollar gratis yang saya tulis antara tahun 2009 - 2013 sudah ada yang expired atau tidak relevan di tahun ini. Makasih sudah mampir. :)

Share "Membuat Recent Post | Legenda Alkatro" yuuk

share on facebook

» Comment From Handphone, klik ning kene »

50 comments:

Jiox said...

byyuurr.. nongol lagi setelah ngumpet sehari semalem...

munir ardi said...

ngumpet tapi kedapatan juga haigg, mantap mulai membuka rahasia blog nih semua, calon webmaster nih sahabat aku

tovarossi said...

nice post sobat, bermanfaat banget nih tutorialnya. sukses selalu n tetap semangat deh...

kang tejo said...

Legenda gunung merapi wkwwkwkk..
klo yang buat lewat feedbunner bisa lebih dari 5 bos..saya pernah postong soalnya disini

http://kang-tejo.blogspot.com/2010/02/menampilkan-recent-post-di-blog-tanpa.html

Anton said...

Info yang bermamfaat sobat,mau coba scriptnya neh.

tomo said...

wah hebat kawan tak cobae sek.

heru said...

mantap dan keren boss, kapan2 mau coba pasang, mau tes dulu berat atau ngak blog saya hehehe

berita untuk negri said...

waw lengkap sekali kawan,,ini baru mantap

Rizky2009 said...

kalau blog q g tak pasang recent post sob soalnya d home dah ada 4 posting jadi menurut rizky sebaiknya g aq pasang aja, recent post menurut rizky bagus dipasang jika blognya g ada readmorenya, plus hanya tanpil satu postingan di home gt, kalau menurut Rizky loch sob

al-basri said...

salam,
saya berkenan sekali dengan tips diatas, rasanya yang no. 2 lebih menarik dan rapi.
saya belum pasang lagi diblog saya, maklum bila on laptop. langsung ngantuk... haha

terima kasih sebab perihatin dengan kekurangan saya. semoga sejahtera selalu.

blog buat bloggers said...

Good posting sob ada radionya bisa dengerin sob

Ngeposting ni yee said...

blackwalking malam sObat..
sekalian baca artikel legenda recent alkatro sObat..

gak mutu said...

membaca legenda berarti membaca cerita atau sebuah asal usul ...
semua punya kelebihan dan kekurangan pada masing-masing dari ketiga cara tersebut ...
bila ingin memakai yang mana tinggal disesuaikan dengan keadaan blognya ....

safrudin said...

Kok dibawah pohon pisang sob lagi hujan yach????
tapi thank's infonya komplit banget (Nggak pake telor)

RAJA FRESH said...

penuh informasi, mas katro kok pintar ya? ajarin dong

My PC Spot said...

Nice post sob. Mampir lagi setelah 1 hari off!

alkatro said...

@mas munir :
saya ga bakalan jadi master mas, soalnya saya jarang mandi xixixixi.. makasih :)
@tovarossi:
makasih juga.. keep spirit :)
@kang tejo: manttaaaf... thanks infonya kang.. :)
@anton.@tomo,@mas heru;@berita untuk negeri;@ngeposting doang :
silahkan, dipilih sendiri ya.. he he makasih :)
@rizky:
betul,betul,betul... ane pake lebih sbg daftar isi; sapatau ada visitor yang dateng dari gugel.. makasih :)
@albasri:
salam, untunglah sobat bertanya, jadi saya bisa untuk update posting he he.. makasih :)
@BBB:
silahkan akang, free game onlinenya jg ada .. he he.. makasih :)
@gamutu :
begitulah Pak Lik (jadi inget dg nama guru SMA alkatro: Pak Lilik) he he... makasih :)
@mas safrudin:
nungguin ayam yang bertelor soalnya.. halah.. makasih :)
@rajafresh:
belajar di bawah pohon pisang; xexexe... makasih :)
@My PC Spot :
bandara sudah dibuka kembali kan hari ini?
makasih :)

harto said...

ayoooo Bang Jiox keluarin semua ilmu yang ade jangan malu-malu, berbagi ilmu dengan sesama adalah sedekah. trims atas ilmunya, sukses selalu n tetap semangat.

Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sodaqoh. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya, dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat. (HR. Ar-Rabii’)

Willyo Alsyah P. Isman said...

sekedar info, sore ini aku bw dgn hp, hasilnya blog sobat sangat memuaskan

van said...

weesss...
legendany manteppp tenann...
ane lebih suka yg javascript nih boss,,lebih simple soalnya
kalo pake yg ndeso tangan pegel smua lah,,,hehehe

Ipin said...

kenapa nggak berkolaborasi antara widget ndeso dan widget kota nihh sobb...*ciaatttt juga *

alkatro said...

@mas harto:
amiin .. amiin.. amiin.. urusan xml blog saya masih pas-pasan banget .. he he.. makasih.. salam sukses n keep spirit :)

@bang wilyo:
makasih bang, blog ane masih agak berat loadingnya.. mo nyopotin widget yang lain kapan-kapan.. :D

@van:
wkwkwkwk.. bretuuul makanya di baris 1 ane tulis: Tips On This week (home link) jd ngedit widgetnya tiap sudah ada 6 posting baru yang nongol doang he he .. makasih

@mas ipin :
blog ane sudah rada berat : 170 kb mas, kl tambah .js bisa tambah gendut donk .. makasih :)

masterGOmaster said...

komplit tenan recent pos ala alkatronya sobbb.nice tutor

Achmad Edi Goenawan said...

Sip dapat 3 cara menangani recent post! Belum ada pilihan, masih mempelajarinya!

Ferdinand said...

Lengkap tenan Sob......nanti klo udah ada niat aku coba salah satu hhe....thnx ilmunya Sob...

muncar said...

infonya mantab sobat

angger said...

lengkap nich tipsnya,bookmark dulu sob

fauzan upz said...

waduuu sob,, lengkap sekali ya.. ini baru share namanya hehe..

Rock said...

Wahhh... lengkap banget nich tutorialnya...

rahmatea said...

mampir sob...
manteplah postingannya.......bermanfaat bagi saya yang masih kelas nol kecil he..he...dalam urusan optimasi seo dan utak atik jeroan blog.....
salam....

check PR said...

Thx info nya sob...jgn lupa di cek yuk di cek....

penghuni 60 said...

oh gitu toh sob caranya?
*sambil manggut2 trs nyengir sndiri*

munir ardi said...

mampir malam setelah baru sampai dari gunung

ica said...

plok..plok..plok..
salut deh..
aku masih pakai bawaan blog yang jadul hehehe
(maaf paman blogger)

I2 said...

Makasih ya bos... mau dipraktekkan tapi kalau ada kesempatan aja deh.. sekarang lagi pengen BW dulu, dari kemarinn nggak BW

leaderstreet Indonesia said...

informasi keren mas, saya coba dulu ah pake widgetnya...

extreme webz said...

nice post master...good idea

linkback master

NegeriAds.com Solusi Berpromosi said...

Bermanfaat banget nih informasinya

moenas said...

tips yang mantabbbb brow,
ente dapet ja lg neh trik ane salut deh

alkatro said...

@semuanya : terimakasih atas waktunya.. keep spirit :)
@extreme webz: you are the real master, blognya banyak dan oke -oke .. ane masih pas-pasan skillnya mas he he.. makasih
@kang moenas:
halah wong ane asal bikin.. xexexe.. makasih :)

phonank said...

Waduh...

peralihan jaman yah kang ..??

recent post yang bermula dari yang pertama kali muncul,, alias sesepuh..

hingga yang praktis dan efisien dengan menggunakan javascript,, hohohoo

Kira-kira setahun ke depan, recent postnya kayak gmn yah..??
hohoho

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Tutorial mantap sobat.
makasih banyak

Achmad Edi Goenawan said...

Trims infonya, akhirnya akan ku coba ketiga-tiganya!

kartu kredit said...

mantaff, dengan berbagi ilmu mendapat pahala...

Badaei said...

Wah seru banget "legenda" nya...dan sangat "menghibur" khususnya buat aku yang lagi pusing "ganti wajah"... thank sob...ketawa dulu ahh Gag..gag..gag..

Jiox said...

@phonank :
mari kita bayangkan sejenak.. haiyah.. he he.. makasih :)
@Mas Iwan; @Mas Ahmad :@Badaei :
makasih juga.. silahkan :D

@mas budi : mantaaff.. makasih mas :)

goeztcool blog's said...

kalo saya maunya yang itu om...jadi widget tapi bisa di scroll,biar ngirit tempat gto....nice post.

ahmadblog said...

tararengkyu yeu postingana,,haha nuhun atuh,,

pulsa murah said...

numpang ngalap ilmu bro

Aisyah Maharani Putri said...

recent post katanya juga penting untuk belajar seo ya ?

Post a Comment

Cek update info tambahan ada di box komentar.
Damai di hati - Damai di bumi. Thanks sudah mampir. :)

 
Copyright © 2009 - Blog Teknologi|Bisnis Online|SEO|Script design by Wpthemedesigner . Converted By Anshul