dasdas hihi
work from home paling santuy

Pilih Joomla atau Blogger

google image
Bukan rahasia lagi kalau kata blogspot telah merajai dunia maya, mulai dari pusat kota bisnis online sampai ke kampung-kampung blog asbun (asal bunyi), di sisi lain Joomla dengan mengandalkan senjata utamanya yaitu CMS telah meraih gelar Best CMS di tahun 2007-2008. Sekedar buat informasi sambil nunggu berbuka, Alkatro menyajikan sedikit perbandingan antara Joomla dan Blogspot berdasarkan analisa pribadi dan penalaran sederhana.
logo joomlaYang pertama adalah Joomla
Apakah anda baru pertama kali mendengarnya? yowis kalau iya juga tidak apa-apa, dari beberapa waktu yang alkatro lalui bersamanya, Joomla memiliki kelebihan yang cukup menawan dari sisi CMS dan layoutnya design yang bisa diedit secara offline, pemunculan widget banner dapat diatur sesuai dengan selera, istilah dalam Joomla disebut modul script, misalnya pada index semua widget ditampilkan secara keseluruhan, maka pada sub page posting, widget dapat diatur secara on/ off , widget mana yang akan ditampilkan dan mana yang akan disembunyikan.
Selain itu, terdapat semacam script add-on yang disebut Jom-SEO atau Jom-SEF, yang dilengkapi dengan option setting jumlah kata keyword, description yang diinginkan oleh user dan secara otomatis akan menampilkan meta generator keyword dan description pada setiap posting, sehingga setiap posting artikel baru, anda tidak perlu lagi menambahkan keyword dan description secara manual. Kelebihan lain Joomla adalah pada saat instalasi template baru tidak akan mempengaruhi widget ataupun meta generator sehingga anda tidak perlu melakukan back up pada script widget anda.

Kata orang bijak, dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan, 

1. CMS Joomla  bisa berjalan dengan menggunakan bantuan Apache seperti halnya PHP Script,
2. strukturnya kompleks,
meskipun sebenarnya ini merupakan kelebihan tersendiri, tetapi bagi yang belum familiar mungkin agak membingungkan dimana pada awal instalasi system template, anda harus melewati tahapan-tahapan instalasi script modul extraction seperti widget, SEO, content dan sejenisnya.
3. Editor
Editor pada Joomla juga kadang bermasalah sewaktu membuat tabel kompleks, 
4. Hosting
harus mencari hosting dan domain sendiri untuk mengupload /instaasi CMS Joomla yang Anda buat .

Itusaja yang alkatro uraikan secara globalnya saja, untuk mempelajari lebih lanjut atau sekedar melihat seperti apa contoh website model Joomla, yang pernah di corat coret dengan tangan sendiri -kemudian di lelang- silahkan klik disini

blogspotlogoSelanjutnya adalah Blogger
Alkatro mulai naksir ke blogspot milik 'Blogger' karena beberapa alasan sebagai berikut :
1. menu yang simpel,
2. mudah terindex di halaman Google -karena nepotisme -
3. mudah dipasangin google adsense (kata orang sih)
4. bisa melakukan Editing + Posting dengan menggunakan sebuah ponsel,
jadi bisa menghemat quota atau bandwiith apalagi kalau GPRS nya bisa gratis, nebeng di kantor atau handphone tetangga maksudnya.. :) paling-paling hanya biaya buat bayarin tukang urut.

Apa hubungannya tukang urut dengan Blogspot? Hubungannya adalah: akses blogger menggunakan ponsel, selain bisa membuat posting Blog, juga bisa membuat tangan dan jari pegal linu, kalau Anda tidak percaya..silahkan dicoba he he..

Sisi kekurangan blogger atau blogspot menurut Alkatro antara lain:
1. Proses editing
baik edit layout, template ataupun posting harus dalam kondisi online.
2. Tampilan  Widget terasa monoton
karena widget pada side bar selalu sama seperti index, tidak bisa di setting on off sehingga kalau halaman index pada blogger banyak, otomatis pada full post artikel juga banyak, loading jadi lebih lama.
Sebaiknya widgetnya jangan terlalu banyak, kalau blog Anda berisi artikel yang menarik dan selalu update, mungkin visitor akan setia menunggu, tapi kalau blog yang masih baru seperti Blog Alkatro, bisa-bisa visitor yang baru bangun tidur jadi, tidur lagi :).
3. Penggantian template dan metatag
Dalam mengganti sebuah template baru, blogger widget dan meta tag akan lenyap, jadi anda harus menyalin semua widget beserta meta tag dan memasangnya kembali setelah template selesai diupload.
meta tagnya juga harus ditambahi secara manual, tapi kata tetangga bisa juga otomatis, asalkan ditambahin script biar bisa meta tag pada setiap posting bisa otomatis nongol. Ada Mr. Numb3r lewat, tiaraap ...

Untuk sekedar melihat seperti apa contoh website model Blogger, silahkan klik disini dah lah nggak usah diklik, mosok Jeruk makan jeruk. -xexexe-

Kalau begitu mana yang anda suka, Joomla atau Blogger? Ini negara demokrasi jadi terserah anda saja, pilih dua-duanya juga boleh.
Seandainya anda ingin memiliki hosting dan domain gratis sendiri, silahkan daftar disini ada yang gratis,ada juga yang tidak gratis, tapi ditinjau dari segi bisnis, konon domain berbayar lebih disarankan, karena dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap bisnis yang Anda miliki, lebih diprioritaskan dalam Search Engine dan kalaupun sewaktu-waktu menjualnya, site anda jauh lebih 'profitable' daripada domain blogspot dot com atau domain gratis yang lain. Tapi kalau baru dalam tahap belajar atau sekedar have fun, no problem and no what what lah.. Sholat duluu dah maghrib ..silahkan kolaknya dihabiskan :)
Thanks 4 Your Time
Pilih Joomla atau Blogger Reviewed by alkatro on 16:28 Rating: 5

5 comments:

  1. Klw untuk urusan desain sih bagusan Joomla, tapi klw untuk masalah praktis dan kemudahan pemakaian mending milih Blogger deh, :)

    ReplyDelete
  2. Selain Wordpress.org , wordpress.com and blogger..

    ternyata ada juga yach yang namanya joomla yach, baru tau aku hehee..

    ReplyDelete
  3. ane pilih macul disawah ane deh brow klo punya sawah 100 hektar mah wkwkwk

    ReplyDelete
  4. menurut anda sendiri bagus pakai apa ya

    ReplyDelete
  5. blogger mas,
    apalagi sekarang fiturnya lebih lengkap daripada 2,5 tahun yl (saat artikel diatas ditulis)
    blogger secara umum lebih mudah dimengerti oleh siapapun karena menu setting dan publishing yang simpel tanpa memikirkan masalah sewa hosting :)

    ReplyDelete

Cek update info tambahan ada di box komentar.
Damai di hati - Damai di bumi. Thanks sudah mampir. :)

All Rights Reserved by Bisnis Online | Blog SEO | Script © 2009 -
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.